28 – 30 Juli 2017, Toboali City On Fire Season II 2017

0
697

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Kedua kalinya, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menggelar festival tahunan Toboali City On Fire (TCOF) Season II 2017. Sebanyak 16 kegiatan unggulan digelar selama TCOF berlangsung yang dipusatkan dipusatkan di Lapangan Laut Nek Aji Toboali, Bangka Selatan, pada 28-30 Juli 2017.

Event ini merupakan bentuk dari keseriusan Pemerintah Bangka Selatan memperkenalkan destinasi wisata di daerahnya yaitu dengan melaksanakan event Pariwisata yang digelar setiap tahunnya. Juga sebagai upaya membangun dan memberikan wajah baru bagi sektor kepariwisataan di Kabupaten Bangka Selatan.

TCOF 2017 mengangkat tema Keragaman Etnis dan Budaya, yang intinya mempertahanan keragaman etnis dan budaya sebagai perekat bagi kesatuan dan persatuan bangsa. Memang, TCOF jilid dua ini ada perbedaan dibandingkan yang pertama dilaksanakan tahun 2016.

Tahun ini, ada penajaman pengembangan, juga launching acaranya digelar di Kementrian Pariwisata Jakarta yang dibuka langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya. Juga event tahunan ini banyak, memperkenalkan dan memberikan hiburan yang cukup besar terhadap masyarakat Bangka Selatan.

Selain itu, TCOF sudah masuk kalender event Nasional, sehingga penyebaran informasi dan publikasi mendapat bantuan penuh dari Kementrian Pariwisata.

TCOF Season II 2017 dimeriahkan dengan 16 event lomba dan festival antara lain Bike Packer, Toboali Fashion Carnival, Toboali Photo Competition, Festival Tari Kreasi Daerah, Lomba Melukis Tudung Saji,Toboali Oriental Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-Layang.

Juga ada Festival Barongsai, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Festival Kuliner, Nganggung 1.000 Dulang, Touring Komunitas Motor, Pameran UMKM dan Komunitas, dan Target Shooting Competition. Rangkaian acara ini ditutup dengan Ritual Adat Buang Jung.

Pesertanya bukan hanya dari dalam negeri yang meramaikan festival tersebut, namun rencananya Festival Toboali City On Fire Season II juga akan dimeriahkan oleh beberapa peseta dari mancanegara, salah satunya dari Venezuela yakni seorang seniman muda asal Caracas Venezuela Estefania Pifano.

Peserta dari mancanegara berdasarkan data dari panitia akan ada 7 sampai 10 pelaku seni mancanegara dari berbagai negara yang akan terlibat langsung di event Toboali City On Fire Season II ini.

Untuk lombanya, total hadiah yang dipersembahkan pada event Toboali City On Fire season 2 ini sebesar Rp 237.400.000,00. Sumber dana pada event TCOF ini berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan sponsorhip pihak swasta.

Provinsi Babel merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisman dan wisnus. Tercatat jumlah wisatawan yang menginap di hotel berbintang di Provinsi Babel pada Mei 2017 sebanyak 31.586 orang. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.