28 – 29 April 2016, Pentas Tari Kolosal Bedhaya Minangkalbu

0
482

SOLO, test.test.bisniswisata.co.id: Kelompok tari Tri Ardhika bakal menggelar pentas tari kolosal Bedhaya ‘Minangkalbu’, pada ajang “World Dance Day 2016”. Pentas ini berlangsung di di Pendopo Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Solo, Jawa Tengah, selama dua hari, 28 hingga 29 April 2016 pada pukul 20.00 WIB.

Selama 25 menit, sembilan penari profesional diantaranya beberapa penari Bedhaya Keraton Surakarta didampingi dua penyimping (Pendampong), dengan iringan 17 pengrawit (Pemusik), enam orang sinden (penyanyi) dengan tata panggung serta penata rias berpengalaman dari Keraton Surakarta.

Pentas tari kolosal ini digarap serius, bahkan menampilkan sesuatu yang baru, baik dari segi ide cerita maupun artistik, tapi tidak meninggalkan konsep Bedhaya yang semestinya.

Bedhaya merupakan tarian klasik Jawa dengan sembilan penari, yang dikembangkan di kalangan Keraton pewaris tahta sejak jaman Kerajaan Mataram. Dalam mitologi Jawa, sembilan penari menggambarkan arah mata angin yang dikuasai sembilan dewa (Nawasanga).

Versi lain menyebut sebagai lambang dari Sembilan Wali atau Wali Songo. Hal ini secara filosofis menekankan pada simbol hubungan timbal balik antara manusia dan jagad (alam).

Sehingga Bedhaya merupakan perwujudan dari patrap manembah. Banyak nilai diungkapkan, seperti pencarian kesempurnaan hidup, penemuan jatidiri, keserasian, keselarasan, keseimbangan hidup, cinta damai, tentang kawicaksanaan dan laku utama.

Dalam persiapanya, para penari melakukan “sengkeran” atau “bebadra” yakni membangun sarana dasar melalui proses laku batin dengan cara mengurung diri (berpingit), berkonsentrasi penuh untuk pentas.

Bahkan, menjelang satu hari malam sebelum pentas akan dilakukan ‘sengkeran’ (dipingit). dengan maksud seluruh penari tinggal bersama di satu tempat. Membersihkan diri dan batin, menyatukan rasa, dan doa bersama. Tertarik? (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.