27 Desember 2015 – 27 Januari 2016, Borobudur Today

0
1002
Wisatawan memadati candi Borobudur. (Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin/Asf/)

MAGELANG, test.test.bisniswisata.co.id: Seniman Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15 Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bersama Taman Wisata Candi Borobudur menggelar kegiatan seni, budaya dan pariwisata bertajuk Borobudur Today. Event yang digelar disetiap akhir tahun, bakal digelar di kawasan Candi Borobudur, yang berlangsung 27 Desember 2015 hingga 27 Januari 2016 mendatang.

Tema Borobudur Today 2015, yakni Art and Emotion untuk memberikan inspirasi kepada para seniman bahwa proses berkesenian harus total supaya melahirkan karya terbaik. Selain itu, Borobudur Today diharapkan dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan luar negeri maupun dalam negeri agar tetap mencintai, mengunjungi Candi Borobudur.

Sebanyak 300 seniman dari berbagai daerah dan luar negeri, seperti sekitar Candi Borobudur, Magelang, Yogyakarta, Bali, Jepara, Solo, Klaten, Wonosobo, Jakarta, dan Chekoslovakia serta Afganistan bakal tampil dalam pameran seni rupa, karnaval budaya, performa seni, pentas teatrikal, pentas kesenian rakyat juga lomba fotografi.

Untuk karnaval budaya, panitia mengandeng masyarakat Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang untuk menampilkan karya-karya seninya yang spektakuler. Dalam
karnaval budaya dengan berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter di sepanjang Jalan Balaputra Dewa hingga Limanjawi Art House di Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo.

Karnaval Ini menjadi syukuran budaya para seniman kawasan Candi Borobudur, terutama yang tergabung dalam KSBI 15 dengan jejaring para seniman dan pelaku budaya dari berbagai kota, atas kiprah berkesenian selama setahun terakhir, di kawasan warisan budaya dunia Candi Borobudur.

Kegiatan Borobudur Today lainnya, juga digelar di Limanjawi Art House, sekitar 600 meter timur Candi Borobudur. Sedangkan pembukaan acara itu oleh budayawan Remy Sylado. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.