27 – 30 Oktober 2016, Festival Mandeh 2016

0
861

PESISIR SELATAN, bisniswisata.co.id: Kawasan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), punya kalender pariwisata baru. Festival Mandeh, namanya. Festival seni, budaya dan wisata bahari ini digelar di kawasan Wisata Mandeh, pada 27 hingga 30 Oktober 2016.

Tujuan utamanya mengenalkan destinasi wisata bahari Mandeh, apalagi kawasan wisata ini sudah masuk dalam 10 destinasi unggulan di luar Bali. Mandeh kerap dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sebuah harapan, destinasi wisata ini cepat dikenal dan dikunjungi wisatawan.

Festival Mandeh dibagi dua, yaitu pra-festival dan festival. Pra-festival sudah diadakan sejak 2-3 bulan sebelum pelaksanaan acara inti dengan menyelenggarakan lomba desa wisata, lomba pegiat pariwisata, lomba destinasi dan kegiatan persiapan lainnya.

Festival akan diramaikan dengan festival rakyat, Mandeh Joy Sailing, Parade Kapal Pesiar, Lomba Nemo Mandeh, trabas, jet ski, paralayang dan beberapa kegiatan lainnya.

Gugusan puluhan pulau yang indah membentang seluas 18 hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat. Orang–orang mengenal keindahan kawasan kepulauan itu dengan nama Mandeh. Letak kawasan wisata ini dekat dan berbatasan langsung dengan kota Padang, ibukota Sumatera Barat, tepatnya di kecamatan Koto XI Tarusan.

Pulau-pulau kecil yang di kawasan Mandeh diantaranya adalah: Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak.

Di sebelah selatan kawasan ini terdapat tanjung yang meliuk nan elok bagaikan sebuah kail tepatnya di Kampung Carocok, sehingga teluk terlihat seperti sebuah danau yang menakjubkan.

Di sebelah utara kawasan Mandeh terdapat banyak pulau yang melingkar yaitu Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular, dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

Kawasan Mandeh merupakan fokus promosi pariwisata Sumatera Barat ini mampu menarik hingga 8.000 pengunjung per hari karena keindahan alamnya. Kawasan Cerocok Tarusan merupakan salah satu titik yang disenangi wisatawan.

Di sini menambat perahu-perahu yang akan membawa wisatawan berkeliling Mandeh. Selain itu, ada pulau-pulau kecil yang tak kalah indah yaitu Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, serta Pulau Cubadak.

Untuk menuju kawasan wisata Mandeh tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena letaknya yang dekat dengan Padang. Dari bandara Internasional Minangkabau, cukup menggunakan kendaraan roda empat menuju Tarusan, lama perjalanan sekira 2 jam. Ada juga yang menggunakan kapal dari Dermaga Tarusan menuju pulau-pulau kecil di kawasan Mandeh. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.