27–30 April 2015, Pekan Budaya Dayak Kaltim 2015

0
2491

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Komunitas Sekar Nusa Jakarta bakal mengelar Pekan Budaya Dayak Kalimantan Timur (Kaltim) di Museum Nasional Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta, pada 27 – 30 April 2015. Kegiatan pertunjukkan seni budaya dayak ini, melibatkan 1.000 siswa kelas 3 – 5 di Sekolah Dasar se-Jabodetabek.

Pertimbangan pemilihan peserta di usia sekolah dasar untuk usia 7 – 12 tahun karena pada masa ini anak mengalami pertumbuhan secara fisik, kognitif dan social emosional sehingga sangat tepat untuk memberikan stimulus dan palatihan agar anak dapat menambah cakrawala budaya tradisional bangsa Indonesia.

Program Pekan Budaya Dayak Kalimantan Timur melibatkan 20 Sekolah Dasar di Jakarta. Proses belajar dengan metode edutainment dimana anak dapat belajar dan bermain secara berkelompok meliputi kegiatan : Menjelajah Museum Nasional, Membuat makanan kecil khas daerah Kalimantan Timur, Mengenal dan Memb uat jerajinan khas masyarakat suku Dayak serta Mendengarkan cerita legenda yang bersifat mendidik.

Selain itu masih ada kegiatan seperti Menyanyikan lagu Burung Enggang, Mengenalkan dan mencoba membunyikan alat musik Sampe serta ikut menarikan tari Enggang – yang terlebih dahulu telah diajarkan oleh pelatih yang dikirim ke sekolah-sekolah yang telah mendaftarkan untuk ikut dalam kegiatan ini satu buklan sebelum hari pelaksanaan.

Acara ini sekaligus menjadi sarana bagi anak untuk belajar mengenal, memahami, toleransi sekaligus membangun kerjasama dengan teman-teman sebaya dari berbagai sekolah lainnya dalam upaya mengenal salah satu budaya daerah, dalam hal ini seni tradisi dari Kalimantan dan Dayak khususnya.

Pekan Budaya Dayak sebagai bagian memperkenalkan budaya Suku Dayak kepada anak-anak diluar pulau Kalimantan. Didukung oleh Museum Nasional yang tepat berusia ke-237 sekaligus memperkenalkan Program gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) yang telah dicanakangkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, maka momen ini sangat tepat bagi kita semua untuk ikut terlibat dan menggalakan semangat mencintai museum sekaligus budaya daerah bagi anak-anak.

Kegiatan yang rencananya akan berkelanjutan dengan mengangkat budaya lain dari daerah Sulawesi Utara, Bali, Papua dan Jawa Barat. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.