27 – 29 Mei 2016, Ubud Food Festival

0
1000
Suasana diskusi di Ubud Festival Food (Foto: www.muvila.com)

UBUD BALI, test.test.bisniswisata.co.id: Pulau Dewata Bali kembali mengeksplorasi keanekaragaman kuliner lewat Ubud Food Festival (UFF). Festival yang akan menghebohkan Bali digelar di Taman Kuliner yang dilatar belakangi oleh indahnya lembah Campuhan, berlokasi di Jalan Raya Sanggingan, mulai 27 hingga 29 Mei 2016.

Festival yang kedua kalinya, kini disajikan dengan cara yang berbada bahkan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Perhelatan perdana dilakukan pada bulan Juni 2015lu dan sangat sukses dihadiri oleh ribuan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Salah satu venue bernama Kitchen Stage yang juga terletak di Taman Kuliner akan menjadi saksi juru masak Indonesia dan internasional beradu kreasi dengan sate lilit, bebek goreng, ayam betutu, sambal matah terbaik yang akan mereka iming-iming ke pengunjung.

Untuk kedua kalinya, mengusung tema ‘Go Local’, tema yang akan menjadikan tradisi kuliner Indonesia sebagai bintang utama dalam penjelajahan kuliner. Panitia ingin tahu latar belakang, sejarah, dan makna dari budaya serta tradisi kuliner Indonesia. Sehingga dalam festival ini, para wisatawan serta pecinta kuliner akan menelaah, dikupas, dan dikaji oleh chef, pencinta kuliner, sekaligus menikmati keindahan alam Ubud.

Sederet nama-nama besar di bidang kuliner Indonesia akan hadir meramaikan kancah kuliner bertajuk UFF itu. Diantaranya adalah, Sisca Soewitomo, lalu juru masak Presiden Jokowi, William Wongso. Koki Presiden itu akan meluncurkan bukunya yang berjudul ‘Flavors of Indonesia: William Wongso’s Culinary Wonders’, beliau akan memaparkan perjalanannya melintasi ragam kuliner Indonesia yang begitu kaya di buku ini.

Juga ada beberapa Chef, pengusaha, dan figur media seperti Farah Quinn akan hadir di UFF. Juru masak dan jurnalis Petty Elliott dengan keahliannya di masakan Indonesia modern juga sudah confirm meramaikan UFF.

Selain itu, bintang-bintang kuliner nusantara yang akan hadir di UFF 2016 ini adalah presenter dan jurnalis Bondan Winarno. Chef Mandif Warokka, juru masak dengan bintang Michelin pertama di Indonesia. Rockstar kuliner Bara Pattiradjawane, Rahung Nasution, dan sederet lainnya.

Fesival kuliner ini nampaknya sudah mendunia dan sudah terdengar kepada master-master masak dunia. Sehingga, tokoh masak seperti Eelke Plasjmeijer dari Locavore yang baru-baru ini masuk dalam jajaran 50 restoran terbaik di Asia, ahli dessert New York City, Will Goldfarb dari Room 4 Dessert.

Totalnya ada 60 lebih chef dan ikon kuliner yang akan hadir di UFF dan setiap dari mereka akan memberikan penghargaan kepada arti dari tema Go Local tersebut dengan mengunjungi Pasar Ubud di pagi hari agar mendapatkan bahan makan segar yang terbaik untuk digunakan di acara mereka, atau menggunakan tehnik masak tradisional yang menggunakan arang dan kipas bambu. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here