Akses Menuju Destinasi Wisata Gorontalo Dibenahi

0
1046
Pulau Dyinumo Gorontalo

GORONTALO, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi Gorontalo mengkaji pengadaan bus antar-jemput atau shuttle bus bakal melayani rute ke beberapa destinasi wisata. Mengingat, akses ke destinasi wisata di provinsi Serambi Madinah itu terbilang minim.

Pjs Gubernur Gorontalo, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan aksesibilitas merupakan salah satu dari tiga pilar industri pariwisata harus segera dibangun. Terlebih, Gorontalo saat ini memiliki infrastruktur jalan yang cukup mulus.

“Dishub [Dinas Perhubungan] harus buat, minimal sehari sekali ada bus yang terjadwal, ini akan sangat efektif,” jelasnya kepada Bisnis di sela Festival Kirab Nusantara di Pantai Kurenai, Bone Bolango, Senin (8/5/2017).

Beberapa destinasi wisata unggulan di Gorontalo tersebar di beberapa wilayah. Sayangnya, hingga saat ini belum ada sarana transportasi umum yang memadai. Sebagai gambaran, untuk mencapai Pantai Kurenai, pengunjung hanya bisa menumpang becak motor atau kendaraan pribadi dari pusat kota.

Data Dinas Pariwisata Gorontalo menunjukkan, saat ini ada 96 destinasi wisata yang terdata. Beberapa destinasi unggulan antara lain Pulau Cinta, Pulau Saronde, Pantai Olele, dan Pantai Biluhu.

Sepanjang tahun ini, Gorontalo membidik kedatangan turis asing sebanyak 30.000 turis atau empat kali lipat dibandignkan realisasi sepanjang 2016. Secara keseluruhan, total kunjungan turis ke Gorontalo mencapai 367.000 atau tiga kali lipat dari target sebanyak 120.000.

Tercatat Gorontalo memiliki destinasi wisata cukup melimpah. Gorontalo terkenal sangat indah. Memiliki potensi wisata yang membuat siapa saja, selalu ingin kembali. Menikmati pasir putihnya yang cantik, pulau-pulaunya yang indah, dan banyaknya bukti sejarah yang mendebarkan.

Pastikan Gorontalo menjadi kota tujuan utamamu untuk menghabiskan libur panjang kelak. Kalau kamu benar-benar yakin untuk menyambangi sepuluh pat wisata hits di Gorontalo,

01. Pulau Cinta

Pulau Cinta mulai populer semenjak dipromosikan pada Festival Sail Tomini Boalemo. Semenjak itu pulau di kawasan Pantai Bolihutuo ini gak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi, akses menuju Pulau Cinta yang gak susah membuatnya terus menerus kebanjiran pasangan yang berbahagia. Pulau yang terletak di Kabupaten Boalamo berjarak sekitar 2 Jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Setibanya di Kabupaten Boalemo, meluncur ke Kecamatan Tilamuta dan mencari Objek Wisata Bolihutuo.

02. Pulau Saronde
Pulau mini, kecil, mungil tak jauh dari Teluk Kwandang, Gorontalo Utara. Meski mungil, pesonanya sudah go international loh. Sudah banyak turis yang berdatangan. Pulau Seronde masih sangat alami, bersih, dan jauh dari polusi udara. Alamnya sangat menenangkan dan siap memanjakanmu. Disini, juga bisa berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, atau ski air sepuasnya. Airnya bersih banget. Pesona Keindahan pulau ini, ada keunikannya. Tradisi unik diselenggarakan bulan Juli. Akses menuju Pulau Seronde ini gampang banget. Jarak antara Kota Kwandang dan Kota Gorontalo cuma 50 km kok. Bisa kamu capai dengan kapal laut maupun mobil. Sampai di Pelabuhan Kwandang, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Pulau ini dengan berlayar sekitar 45 menit. Masuk ke Pulau Saronde, kamu gak perlu bayar sepeserpun. Jadi, bisa langsung nyebur deh. Kamu bisa puasin dirimu main pasir di pulau yang hanya memiliki luas sekitar 1 km ini. Berasa kaya main di pulau pribadi yak. Gak hanya main air, kamu juga bisa belanja cendera mata khas Gorontalo loh. Buat kamu yang mau camping, bole banget. Bawa tenda aja. Tapi kalau mau bobok di penginapan juga udah tersedia kok. Kayanya bikin tenda aja deh.

03. Pulau Diyonumo
Pulau Diyonumo berada di daerah Sumalata Timur, Gorontalo Utara. Tepatnya di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata. Pulau ini masih perawan banget loh guys. Belum terjamah tangan-tangan usil. Nah untuk mencapai pulau ini kamu cukup berlayar sekitar 10 menit dari Desa Deme 2 dengan katinting. Gak usah galau mikirin Ketinting, warga sekitar udah banyak yang menyiapkan jasa penyewaan Ketinting. Hal yang kece dan lagi hits disini adalah foto dari bukit. Mirip foto-foto bukit di Pulau Padar gitu deh. Foto dengan pemandangan bukit yang apik lalu hamparan hijaunya laut dan pulau yang membentang di hadapanmu. Kecelah! Wajib kamu coba dong. Kalau kamu berada di Kota Gorontalo, kamu bisa menggunakan mobil maupun motor ke Sumalata. Hanya menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan lalu menyebrang ke pulau ini via Desa Deme 2. Sampai deh. Perlu diingat ya guys, pulau ini masih sangat alami jadi belum ada fasilitas yang cukup, jika tertarik untuk menginap jangan lupa bawa tenda ya. Bawa bekal dan keperluan perjalanan yang lainnya juga yak biar gak baper.

04. Welcome To Pulau Lampu
Apakah di pulau ini ada banyak lampu? Atau kalau ke pulau ini kita akan tercerahkan? Atau gimana nih? Stop! Nama lampu untuk pulau ini diambil dari kelip lampu mercusuar yang tegak berdiri di pulau ini. Nah, jika kamu berkunjung ke pulau ini, kamu juga bisa loh menjelajahi mercusuar. Pulau Lampu menawarkan pesona pulau dengan pantai yang sangat indah, air laut yang jernih, dan udara yang sejuk. Kamu tidak akan bisa menolak godaan segarnya air laut di pulau ini. Kamu gak mungkin gak nyebur, yakin! Saking jernihnya, kamu bahkan bisa langsung melihat ke dasar laut dengan mata telanjang loh. Belum lagi pasir putih nan lembutnya yang akan buat kamu ndusel-ndusel sepanjang hari. Selain itu, masih banyak hal menarik di pulau ini. Salah satunya rumah tua peninggalan zaman Belanda gitu. Buat yang suka foto-foto atau suka difoto jangan sampai melewatkannnya. Buat kamu yang suka snorkeling atau diving, jangan ragu lagi langsung siapkan peralatan atau nyewa aja dan jelajahi keindahan bawah laut Pulau Lampu. Yang takut snorkeling atau diving.

5. Air Terjun Didingga

Di Gorontalo gak hanya ada pulau kece aja. Di sisni juga ada air terjun loh. Ini salah satunya. Namanya Air Terjun Didingga. Air terjun keceh ini terletak di Desa Didingga Kecamatan Tolinggula. Hanya berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Nah dari desa terakhir, kamu harus berjalan kaki sekitar 3 km untuk menuju lokasi air terjun. Tenang, perjalanan sejauh 3 km tidak akan terasa karena panorama alam sepanjang jalan yang indah, asri, sejuk, dan tentunya ditemani kicau burung-burung yang merdu. Duh, kok romantis sih. Setibanya di lokasi air terjun kamu akan disambut dengan ramah oleh kesejukan air terjun disini. Gak usah kebanyakan mikir guys. Langsung nyebur aja deh.

06. Air Terjun Taludaa Permai
Air terjun yang satu ini bersembunyi di areal hutan di Desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Duh, pasti seger dan adem banget nih. Nah, akses menuju Desa Taludaa bisa kamu capai via jalur Trans Sulawesi. Perlu kamu ketahui jalur Trans Sulawesi adalah jalan yang membentang di sepanjang panta selatan jadi bisa kamu bayangkan pemandangan sepanjang jalan menuju Desa Taludaa ini? Untuk mencapai Desa Taludaa dari Kota Gorontalo kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan kok. Dari Desa Taludaa, perjalananmu dilanjutkan dengan memasuki areal hutan. Ditemani jalan setapak yang sempit dan licin, dan melintasi sungai. Setelah semua itu, tidak jauh lagi kamu sudah bisa bertemu dengan Air Terjun Taludaa Permai yang anggun nan memesona. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40
meter dan berhiaskan dinding berbatu siap memanjakanmu harimu. Nah, kamu akapn siap kesini?

7. Obyek Wisata Torosiaje

Obyek Wisata Torosiaje terletak di Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwatu. Dari Kota Gorontalo, wisata ini hanya berjarak sekitar 270 km dengan melintasi jalan Trans Sulawesi yang menawan. Setibanya di Popayato, perjalanan dilanjutkan dengan perahu karena wisata Torosiaje berada di atas laut atau berjarak sekitar 600 meter dari bibir pantai. Limabelas menit berlayar, kamu akan langsung disambut rumah-rumah panggung yang berdiri di atas air dengan ketinggian mencapai 2 hingga 3 meter. Semua rumah Suku Bajo berbentuk U dengan ornamen yang sangat sederhana dan menghadap ke sunyinya teluk Tomini. Torosiaje adalah desa wisata nomor satu di Gorontalo yang terbuka untuk siapa saja. Jadi, siapaun bisa berkunjung kesini. Kapan kamu kesini guys, kapan?

8. Pantai Dunu

Pantai Dunu di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai ini tak hanya jadi tujuan destinasi masyarakat Gorontalo Utara untuk menghabiskan weekend atau pun libur panjang bahkan masyarakat dari luar Gorontalo Utara juga datang kesini. Pantai dengan ombak yang ramah ini sering digunakan oleh wisatawan untuk berenang, main pasir, bercengkrama dengan keluarga, foto-foto, atau sekedar duduk menunggu sunset tiba. Catet ya guys, di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun jadi jika ingin berkunjung, kamu sebaiknya membawa semua keperluan dan bekal dari rumah ya guys. Akses menuju Pantai Dunu gampang banget loh guys. Pantai ini gak jauh kok dari Kota Gorontalo, hanya berjarak sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Terletak di Desa Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Siapkan?

09. Taman Laut Olele
Taman Laut Olele adalah taman laut yang kece abis di Gorontalo. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari berenang, snorkeling, diving, camping, main pasir, sampai hunting foto. Nah, hal yang paling kece untuk dilakukan di Taman Laut Olele adalah diving. Di Taman Laut Olele banyak spot diving yang bisa kamu jajal. Salah satunya spot Gua Jin, spot favorit para penyelam baik dari dalam maupun dari luar negeri loh guys. Mulut gua sendiri sangat lebar. Namun setelah diving cukup jauh maka kamu akan disapa dua tiang karang yang menambah kesan gelap. Tapi jangan salah, spot ini terbilang cukup ramah bagi kamu para diving pemula loh. Ketika masuk ke kedalaman 30 m maka kamu akan bertemu dengan black coral bush, seafan dan sponge-sponge besar, dan yang paling kece adalah, kamu akan bertemu sponge kece yang dinamai Salvador Dali.

10. Danau Limboto
Danau Limboto merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia. Danau dengan kedalaman sekitar 5 hinga 8 meter ini, bisa menemanimu melewati sore di Gorontalo. Kamu bisa memancing, berlayar dengan perahu, atau puasin hobby makan-makanmu. Disini banyak warung yang menyajikan berbagai kuliner khas Gorontalo loh. Salah satunya olahan hasil lautnya. Ulalala. Tidak hanya itu, danau dengan luas sekitar 3.000 hektar ini siap menengkanmu dengan keberadaan tanaman rambat yang tumbuh subur menghiasi permukaan danau seperti eceng gondok, gelagah, dan bunga teratai. Apalagi jika kamu datang saat musim berbunga, kamu akan terpana dengan keindahan permukaan danau yang ditutupi bunga nan cantik dan wangi. Tentu saja yang tidak boleh kamu lupakan adalah pemandangan senja yang menambah eksotis langit Danau Limboto. Cocok banget deh buat foto-foto. (*/bbs)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.