Home EVENT 26 Agustus 2017, Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-72

26 Agustus 2017, Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-72

0
765

BANDUNG, Bisniswisata. co.id: Ketiga kalinya Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-72. Tahun 2017, Kota Bandung Jawa Barat dipilih sebagai tuan rumah yang akan dilaksanakan pada 26 Agustus 2017. Sebelumnya Karnaval HUT Kemerdekaan RI digelar di Pontianak disusu kemudian Danau Toba sebagai tuan rumah.

Mengangkat tema Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama, karnaval ini melibatkan lebih dari 1.200 peserta berlatar belakang seniman dari pelbagai komunitas anak muda di Jawa Barat. Serta perwakilan dari pelbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-Indonesia.

Karnaval tahun ini jelas sangat berbeda dibanding dibandingka sebelumnya. Perbedaan panitia nasional hanya menjadi fasilitator. Konten dan pelaksanaan dari karnaval menjadi kewenangan tuan rumah yang dimotori budayawan dan insan kreatif Bandung.

Perbedaan lainnya, menampilkan ekspresi budaya yang beragam dan tercermin dari kostum peserta, seni tari, musik, dan rupa. Seluruh peserta akan menyalakan semangat kerja bersama yang menjadi tema karnaval.

Selain itu, acara ini merupakan kelanjutan dari tradisi puncak perayaan bulan Kemerdekaan dengan menyajikan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak tahun 2015. Sehingga, karnaval ini menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air, dengan semangat api kerja bersama mengisi kemerdekaan.

Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya. Pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia.

Karnaval Kemerdekaan muncul menjawab ide dari Presiden Joko Widodo yang ingin agar perayaan karnaval berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain. Ini bertujuan agar semangat kemerdekaan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Nantinya Presiden dan Ibu Negara akan berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kereta Pancasila.

Kendaraan ini merupakan mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung. Kereta Pancasila menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong. Rangkaian kegiatan karnaval ini akan dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3.8 km.
Rangkaian karnaval ini akan dimulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda, Jl. Merdeka menuju Taman Vanda. Di taman ini rombongan Presiden dan Ibu Negara akan turun untuk menyaksikan rangkaian karnaval.

Selanjutnya perjalanan karnaval akan berlanjut menuju Alun-alun Masjid Raya. Untuk lebih memeriahkan acara, penonton diharapkan mengenakan pakaian daerah atau pakaian nasional.

Pada karnaval kemerdekaan ini, Presiden RI Joko Widodo diagendakan akan menghadirinya debfab mengenakan busana daerah Jawa Barat. Presiden pun berhenti di panggung Taman Vanda, sementara yang karnaval melanjutkan ke Alun-alun.

Karnaval ini makin meriah, penyelenggara juga akan melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Selain itu, karnaval kemerdekaan juga akan diramaikan rombongan rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia. ([email protected])

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.