26 – 30 April 2016, Sabang Marine Festival 2016

0
1034

SABANG, test.test.bisniswisata.co.id: Nikmati keindahan laut Sabang dengan menghadiri perhelatan Sabang Marine Festival 2016 di Kota Sabang Pulau Weh Aceh, pada 26-30 April 2016.

Diperkirakan sekitar 20 yachter dari seluruh dunia akan meramaikan kegiatan bahari tersebut. Sabang Marine Festival memasuki tahun penyelenggaraan keduanya.

Diharapkan acara ini, mampu menggenjot jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia serta menjadikan Sabang sebagai destinasi tujuan wisata yacht dalam rangka meningkatkan devisa negara, serta membuka lapangan kerja pada masyarakat yang minat pada sektor pariwisata.

Rencananya, kegiatan Sabang Marine Festival 2016 tidak hanya fokus pada laut, yachter yang terlibat dalam kegiatan tersebut akan diajak menyelami kehidupan lokal Sabang seperti melalui permainan interaktif, interaksi sosial, penampilan kebudayaan, menjelajahi Pulau Weh, dan tsunami tour di Banda Aceh.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dari Kementerian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Aceh, serta Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh kini terus berupaya memajukan pariwisata Sabang dengan menarik kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara. Sabang ditargetkan menjadi salah satu Kawasan Strategis Nasional dan menjadi destinasi utama kapal pesiar dan wisata bahari internasional.

Sabang adalah kota di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia. Saat ini Sabang menjelma menjadi destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam.

Di Sabang umumnya wisatawan menikmati beragam wisata bahari, wisata benteng bersejarah, mencicipi kulinernya, atau sekadar berkeliling menikmati pemandangan alamnya yang masih asri menghijau. Wisatawan biasanya menghabiskan waktu di Sabang antara dua hingga 7 hari.

Di Sabang Anda dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam untuk menemukan banyak spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budidaya.

Anda juga dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budidaya. Perairan di Sabang merupakan tempat bertemunya Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Saat ini pun Sabang memperlengkapi atraksi wisatanya dengan penyelengaraan Sabang International Regatta.

Sabang di Pulau Weh dapat dijangkau dengan kapal feri dari Pelabuhan Ulee Lhue di Kota Banda Aceh sekira 14 mil laut. Tersedia dua armada kapal cepat dengan waktu tempuh 45 menit dan feri biasa dengan waktu tempuh 90 menit.

Untuk terbang ke Banda Aceh dapat menggunakan Garuda Indonesia dari Jakarta maupun Medan yang terbang pulang pergi dua kali sehari. Penerbangan dari Jakarta pukul 06.30 WIB dan 11.50 WIB. Sementara dari Aceh pukul 09.50 WIB dan 16.20 WIB.

Penerbangan nyaman sekira 3 jam dengan Garuda ini menggunakan pesawat Boeing 737 seri 500 berkapasitas 96 tempat duduk dan Boeing 737NG seri 800 dengan 160 tempat duduk.

Untuk penginapan di Sabang ada beragam akomodasi dengan panorama luar biasa seperti di Sumur Tiga, Sabang Hill, Pantai Gapang, atau nikmati rumah-rumah penginapan yang ada di sisi tebing tepat di atas bibir Pantai Iboih. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.