25 – 27 Agustus 2017, Pasa Harau Art & Culture Festival 2017

0
897

LIMA PULUH KOTA, Bisniswisata.co.id: Pasa Harau Art and Culture Festival, festival yang menampilkan perpaduan pasar seni dan budaya yang menampilkan beragam pertunjukan seni budaya Minangkabau, kembali digelar. Festival ini diselenggarakan di Lembah Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, pada 25 sampai 27 Agustus 2017.

Festival kali ini, nampaknya berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini akan disajikan peristiwa budaya dengan ritual meminum kopi kawa daun oleh 1.001 orang. Diharapkan, nantinya memecahkan rekor MURI.

Sekedar diketahui, dari sekian event penting wisata dan budaya Tanah Air, Pasa Harau yang pertama kali digelar pada tahun 2016 lalu sudah masuk radar biro perjalanan wisata dan budaya mancanegara.

Jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara nanti menembus 3.000 orang. Angka ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya berkisar 1.500-an orang. Untuk wisatawan mancanegara yang sudah membeli paket Pasa Harau, itu di angka 500-an.

Rangkaian peristiwa budaya dan seni tradisi yang akan dihadirkan dalam Pasa Harau nanti meliputi “panjek karambia (memanjat pohon kelapa), pacu itiak, pacu jawi, batagak kudo-kudo, silek lanyah, panjat tebing dan main layang-layang.

Bukan itu saja, Pasa Harau Art & Culture Festival juga akan menampilkan permainan rakyat, olahraga tradisional, kuliner lokal, benda-benda kerajinan hingga yang paling ditunggu-tunggu dan khas adalah pagelaran upacara tradisional.

Juga ritual budaya arak-iriang, sepak rago api, randai, sijobang, basijontiak, serta beragam penampilan budaya lainnya, termasuk rute tracking dengan medan yang berat untuk menjumpai kincir air berselimutkan embun. Hadir sebagai bintang tamu, musikus Fariz Rustam Munaf yang di dekade 80-an, populer dengan lagu Barcelona serta Sakura.

Menariknya dalam festival ini, wisatawan yang menjadi peserta Pasa Harau Art & Culture Festival 2017 akan terlibat langsung dengan kegiatan kebudayaan di masyarakat sekitar Lembah Harau. Wisatawan akan menginap di rumah penduduk dan melakukan aktivitas keseharian masyarakat setempat,
berinteraksi dan saling terlibat dalam ragam workshop seni pertunjukan yang akan digelar di tengah festival berlangsung.

Pasa adalah kata Minangkabau berarti pasar sebagai konsep dasar, yang juga dapat berarti keramaian. Festival ini dapat menjadi pasar seni dan budaya dan berbagai potensi yang dimiliki oleh masyarakat Lembah Harau dan Limapuluh Kota secara umum dapat ditampilkan secara masif.

Lembah Harau merupakan salahsatu lembah terindah di Indonesia. Terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lokasinya berada sekitar 138 km dari kota Padang dan sekitar 47 km dari kota Bukittinggi atau sekitar 18 km dari kota Payakumbuh dan 2 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.