24 – 26 Maret 2016, Asia Water Council

0
730

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Asia Water Council (AWC – Dewan Sumber Daya Air Asia) yang akan diadakan di Nusa Dua Bali Beach, pada 24-26 Maret 2016. Pertemuan bertajuk Asian Water High Level Round Table (AWHot) akan dihadiri para Stakeholder di Asia terkait air.

Pertemuan ini dilakukan untuk membahas tantangan di bidang sumber daya air di kawasan Asia. AWHot merupakan diskusi dan debat intensif yang membahas tentang tantangan di bidang sumber daya air di tingkat Asia. Pertemuan ini telah berlangsung sebanyak 4 kali sejak bulan juni 2014.

Diharapkan dari pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Asia Water Council (AWC) sebuah entitas yang lebih berpengaruh untuk mengatasi masalah air di Asia. Negara- negara pendiri AWC adalah Perancis, Indonesia, Jepang, Korea, Laos, Nepal, Mongolia, Singapura, Thailand, dan Uzbekistan.

Output dari kegiatan AWC yang pertama ini adalah berbagai agenda dan rencana masa depan AWC, memilih Presiden dan Wakil Presiden AWC, memilih Ketua, Wakil Ketua dan koordinator untuk masing-masing 7 komite khusus, menyetujui Konstitusi AWC, menyetujui proyek pengelolaan SDA dan PFI (prioritas untuk implementasi), membahas tentang perencanaan Asia Water Week International yang pertama dan memilih negara yang akan menjadi tuan rumah pada kegiatan tersebut.

Pertemuan AWC di Bali juga akan membahas tiga isu utama terkait siklus air yaitu penggunaan air untuk semua aspek (Water Usage for all aspect), perlindungan lingkungan hidup (Natural Environment Protection) dan mitigasi bencana alam (Natural Hazard Mitigation). ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.