23 Oktober 2016, Festival Nanas

0
1293

KEDIRI, bisniswisata.co.id: Unik dan Menarik. Kediri Jawa Timur mengelar Festival Nanas, yang digelar di rest area atas kawasan wisata Gunung Kelud pada Ahad (23/10/16). Festival ini merupakan rangkaian acara tahunan Festival Kelud yang dilaksanakan pada 15-30 Oktober 2016. Festival ini untuk mempromosikan Wisata Gunung Kelud dan produk-produk unggulan serta budaya Kabupaten Kediri.

Salah satu produk unggulan Kediri ya buah nanas. Dalam Festival nanas, digelar berbagai kegiatan seperti kenduri nanas, lomba kupas nanas, lomba kreasi nanas, serta arak-arakan nanas. Bahkan ada performance art monolog bertajuk Pitik Walik sobo Kebon.

Dalam festival Nanas yang pertama kali digelar akan disediakan sekitar 5.000 nanas produksi petani di kawasan kaki Gunung Kelud. Petani di kawasan Gunung Kelud mayoritas menanam nanas jenis queen yang beraroma khas dan rasanya manis, asam dan gurih.

Penanaman nanas di Kecamatan Ngancar, dilakukan berdasarkan jadwal sehingga panen bisa dilakukan secara serentak. Lahan nanas di Kecamatan Ngancar luasnya 2.500 hektare lebih dengan produktivitas 80.000 buah atau sekitar 50 ton nanas per hektare.

Kebanyakan petani sampai sekarang kebanyakan masih menjual nanas segar, belum mengolahnya menjadi produk makanan lain. Pemerintah Kabupaten Kediri sudah mulai membina mereka untuk meningkatkan nilai tambah nanas dengan mengolahnya.

Buah nanas yang ditanam di areal Gunung Kelud mayoritas jenis nanas “queen”. Buah ini memiliki cita rasa yang spesifik dengan aroma yang khas, sedikit rasa manis, asam, dan gurih.

Nanas queen juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu mematikan bibit-bibit kangker.

Dalam kondisi nanas queen yang tingkat kematangannya 80 persen kandungan isotonic-nya mampu menjaga stamina kesehatan. Selain itu, di buah ini juga terdapat kandungan zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol, serta bisa menurunkan berat badan. Nggak percaya, silahkan mampir ke Kediri. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.