23-30 November, Musi Triboatton III 2014

0
1547

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Musi Triboatton III 2014 kembali digelar di Palembang, pada 23-30 November 2014. Ada tiga cabang olahraga yang akan diperlombakan yaitu arung jeram, kayak dan perahu naga.

Sebanyak 11 tim yang bepartisipasi, 8 tim diantaranya berasal dari luar negeri, yaitu: Malaysia, Singapura, Iran, Filipina, Korea Selatan, Hongkong dan Brunei Darussalam. Sementara ada 8 tim dari daerah yaitu: Sumatera Selatan (dua tim), Aceh, Jawa Barat, Jambi, Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

Peserta akan mengarungi Sungai Musi sepanjang 523 kilometer yang mencakup empat wilayah kabupaten dan satu kota, yaitu: Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan berakhir di Jembatan Ampera Kota Palembang.

5 etape yang harus dilalui, yaitu: Etape 1: Tanjung Raya-Tebing Tinggi (35 km), Etape 2: Tebing Tinggi-Muara Kelingi (140 km), Etape 3: Muara Kelingi-Sekayu (165 km), Etape 4: Sekayu-Pengumbuh (108 km), dan Etape 5: Pengumbuh-Palembang (75 km)

Ajang tahunan ini tidak hanya fokus pada kompetisi olahraga, namun juga mengangkat sisi pariwisata dan budaya yang dimiliki oleh Sumatera Selatan. Olahraga dinilai dapat dijadikan alat untuk menarik wisatawan.

Sungai Musi dikenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera, dimana peradaban manusia sepanjang zaman tidak bisa lepas dari peran sungai ini. Sungai Musi merupakan salah satu pusat peradaban yang ditandai dengan adanya Kerajaan Sriwijaya yang dipimpin raja-rajanya berdasarkan hikayat China dan guratan-guratan berita di prasasti. Jembatan Ampera yang melintas di atasnya memperindah pemandangan Sungai Musi sekarang.

Tur Sungai Musi adalah hal yang wajib dilakukan wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Palembang. Saat tur di Sungai Musi maka Anda akan menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Pulau Kemarau dan tempat ibadah klenteng. Masyarakat setempat mengandalkan sungai ini untuk transportasi sehingga Anda akan melihat banyak perahu motor membawa penumpang untuk menyebrang. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.