23 – 25 September 2016, Pelangi Budaya Bumi Merapi

0
1001
Jip Wisata di lereng Gunung Merapi di Sleman (Foto: yoesadventurekaliurang.blogspot.com)

SLEMAN, test.test.bisniswisata.co.id: Masyarakat & wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta akhir pekan di akhir bulan September 2016 ini bakal mendapat suguhan yang spektakuler. Pemkab Sleman menggelar event budaya dengan tajuk “Pelangi Budaya Bumi Merapi”. Festival ini akan digelar di Kompleks Pemkab Sleman, pada 23 – 25 September 2016.

Gelaran ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang sudah berada di Yogyakarta ataupun bagi mereka yang merencanakan berkunjung ke Yogyakarta.

Tahun ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan secara terpadu dari tiga event yang sebelumnya dilaksanakan tersendiri, yakni. Festival Kesenian Sleman, Bregada Prajurit, dan Kirab Pelangi Budaya.

Dengan perpaduan ini diharapkan akan menjadi sajian fenomenal yang mampu menghadirkan pengunjung dan wisatawan untuk menikmati atraksi budaya di akhir bulan September ini

Event yang dikemas dalam bentuk kirab budaya ini merupakan wujud ekspresi kehidupan seni budaya masyarakat Sleman. Masyarakat Sleman adalah masyarakat ‘Bumi Merapi’ yang secara riil memiliki kompleksitas dan realita budaya yang masih kental dan terinternalisasi di kalangan masyarakat.

Hari pertama, Jumat 23 September 2016 pukul 14.00 WIB di Kompleks Gedung Serbaguna akan disajikan kegiatan berupa Festival Kesenian Sleman dengan format aneka pertunjukan yang diawali pada pukul 13.00 WIB dengan pertunjukan kesenian jathilan dan reog.

Pembukaan secara resmi oleh Bupati Sleman pada jam 15.30 WIB, dilanjutkan dengan pementasan wayang bocah. Pada malam harinya mulai jam 18.00 WIB dipentaskan gejog lesung, ande-ande lumut, kethoprak lesung, srandul, sampakan, langentoyo dan dadungawuk.

Hari kedua, Sabtu 24 September 2016 mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB diawali dengan pertunjukan jathilan, dilanjutkan pukul 13.00 – 17.00 WIB dengan kirab festival bregada prajurit dengan start Lapangan Denggung dan finish di Lapangan Pemda. Pada malam harinya mulai pukul 18.00 di Gedung Serbaguna disajikan wayang suket, emprak, jeber juws, kethek ogling, dadungawuk, srunthul, sampakan.

Hari ketiga, Minggu 25 September 2016 diawali pada pukul 10.00 WIB di Panggung KRT Pringgodiningrat dipentaskan atraksi kesenian jathilan, orchestra serenade, tarian teatrikal, flashmop dilanjutkan dengan kirab pelangi budaya Bumi Merapi yang terdiri atas 50 kontingen seni budaya dari berbagai kalangan dan komuitas, 10 kelompok museum dan 7 kontingen perwakilanluar daerah, yaitu Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, NTB dan Bali. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here