23 – 25 September 2016, Festival Tani Nusantara

0
1341
Wisatawan ikut membajak sawah (foto: specialpengetahuan.blogspot.com)

MATARAM, test.test.bisniswisata.co.id: Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Festival Tani Nusantara di Kabupaten Lombok Tengah, pada 23-25 September 2016. Menariknya festival ini karena diramaikan dengan kehadiran grup band Slank juga penyanyi legendaris Iwan Fals.

Kehadiran Slank dan Iwan Fals, lantaran memiliki kepedulian terhadap para petani. Sehingga, kehadirannya diharapkan akan mampu memberikan motivasi bagi 15.000 petani yang akan hadir pada puncak peringatan Festival Tani Nusantara 2016. Slank peduli pada petani dibuktikan dengan ikonnya ‘Ayo bertani’. Iwan fals punya kepedulian terhadap lingkungan dan daerah pedesaan yang agar tidak tergusur dengan arus modernisasi.

Hingga kini, kesiapan panitia lokal dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Tani Nusantara 2016 sudah mencapai 90%. Panitia tingkat nasional juga terus mematangkan persiapan terkait dengan upaya mendatangkan artis-artis nasional dan segala perlengkapannya.

Dengan kehadiran artis-artis papan atas ibu kota, bisa memacu semangat masyarakat, utamanya kalangan pemuda untuk mencintai pertanian. Juga petani terus mempertahankan sawahnya. Apalagi saat ini wisatawan manacenagara lebih tertarik mengunjungi pedesaan dengan persawahan bahkan turis pun terjun langsung menikmati bagaimana membajak sawah.

Acara puncak Festival Tani Nusantara ke-56 tahun 2016, rencananya akan dihadiri oleh Ketua Umum HKTI H Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Ketua MPR RI H Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Ade Komarudin

Berbagai rangkaian kegiatan Festival Tani Nusantara 2016, seperti pertemuan bisnis terkait industri olahan hasil pertanian dan pameran hasil pertanian serta produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Panitia menyediakan ratusan stan yang diisi produk UMKM berupa kerajinan tangan dan kuliner.

Panitia juga akan menggelar karnaval, pagelaran kesenian khas Lombok Gendang Belek, lomba rantok (pukul lesung) padi, lomba penggemukan ternak, lomba tangkap belut dan bebek di sawah berlumpur, lomba balap traktor dan lomba hias traktor yang akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Momen Hari Tani juga dirangkaikan dengan acara panen raya tembakau virginia yang sudah menjadi ikon NTB. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.