22 Agustus 2015, The 1st Indonesian Ballet Gala

0
1627

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Yayasan Bina Ballet Indonesia, menggandeng Pusat Kebudayaan Korea, Kedutaan Besar Republik Korea, Kedutaan Besar Australia, dan Kedutaan Besar Republik Ceko mengelar sebuah kolaborasi ballet internasional bertajuk “The 1st Indonesian Ballet Gala”. Pertunjukkan balet digelar di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta, pada 22 Agustus 2015 pukul 13:00 WIB dan pukul 19:00 WIB.

Lebih dari 30 penari Indonesia dan 18 penari tiga negara sahabat Republik Korea, Australia dan Republik Ceko akan tampil dalam pertunjukan balet yang pertama kali digelar di Indonesia. Dan diharapkan menjadi kalender tetap wisata setiap tahunnya.

Event ini juga memperingati tujuh puluh tahun kemerdekaan Indonesia, yang merupakan momen yang tepat untuk mempertunjukkan mutiara kebudayaan Indonesia yang selama ini terpendam dengan mempertunjukkan tiga karya balet asli Indonesia dengan nuansa tradisi Indonesia yang akan ditarikan oleh tiga lembaga balet tertua di Indonesia, Ballet Sumber Cipta, Marlupi Dance Academy dan Namarina Youth Dance.

Ketiga lembaga ini akan menampilkan berbagai interpretasi kisah tradisional dan budaya Indonesia yang dikawinkan dengan gerakan‐gerakan tari balet.

Juga bertepatan dengan 70 tahun kemerdekaan Republik Korea, Korean National Ballet akan menampilkan balet tradisional Korea dari legenda tradisional “Prince Hodong”, serta berbagai karya balet kontemporer yang belum pernah ditampilkan di Indonesia sebelumnya.

Dua negara sahabat lainnya, yakni Australia dan Republik Ceko akan menampilkan petikan repertoire balet klasik yang akrab dikenal publik. Australia, yang diwakili oleh penari Australia‐Indonesia Juliet Burnett dan penari dari West Australian Ballet, Christopher Hill, akan menampilkan petikan dari balet klasik “Giselle” yang diadaptasi oleh koreografer Australia Maina Gielgud.

Sementara Republik Ceko akan membawakan petikan dari karya balet klasik “Swan Lake” yang akan dibawakan oleh dua penari Ceko yang telah memenangkan berbagai anugrah kompetisi balet Internasional, yaitu Barbora Kohoutkova dan Lukas Slavicky dari Bayerisches Staatsballett. Para penari bintang tersebut juga akan membagi ilmu mereka kepada murid balet Indonesia lewat Masterclass yang akan diadakan tanggal 23 Agustus, dan kegiatan Bakti Masyarakat pada tanggal 20 Agustus. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.