22 Agustus 2015, Jazz Ijen Banyuwangi 2015

0
1532
Suasana Jazz Ijen (foto: detik.com)

BANYUWANGI, test.test.bisniswisata.co.id: Jazz Ijen Banyuwangi 2015, kembali digelar. Event konser musik dan wisata ini bakal berlangsung di area perkebunan Tamansari, Desa Jambu, Kecamatan Licin, tepatnya dibawah kaki Gunung Ijen, pada Sabtu (22/08/2015).

Jazz Ijen selain bertujuan meningkatkan apresiasi musik jazz, sekaligus kunjungan wisata ke Banyuwangi, Jawa Timur, juga punya tujuan mulia yakni, menggalang dana kemanusiaan bagi warga di sekitar kawasan Kawah Ijen, yang mayoritas penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Bukan hanya event hura-hura, jazz Ijen akan diawali dengan aktifitas sosial seperti pemeriksaan kesehatan, donor darah, pembagian sembako, serta pengobatan gratis bagi warga sekitar Ijen, terutama bagi warga penambang belereng.

Selain itu, Kegiatan bertema ‘The Sunrise of Java’ itu dimaksudkan untuk semakin memperkenalkan pariwisata Banyuwangi, khususnya Kawah Ijen yang merupakan destinasi wisata unggulan Banyuwangi.

Acara ini merupakan salah satu bentuk aktivitas pariwisata, yaitu konsep pengembangan pariwisata berbasis kegiatan. Banyuwangi sengaja mengusung konsep itu karena dinilai lebih cepat dalam mendorong kunjungan wisatawan.

Pariwisata event bisa memperpanjang siklus destinasi, sehingga wisatawan lebih lama tinggal di Banyuwangi dan otomatis juga belanja uangnya bertambah. Misalnya, setelah mendaki Gunung Ijen melihat Jazz Ijen atau sebaliknya.

Jazz Ijen Banyuwangi 2015 menghadirkan sejumlah musisi ternama Tanah Air, diantaranya Andre Hehanusa, Kerispatih, dan sejumlah kelompok musik etnik lokal, seperti LaLare Orkestra.

Sembari menikmati para musisi dan pemandangan, para penonton dan wisatawan juga bisa menikmati kopi atau jajanan khas Banyuwangi yang sengaja disediakan di sejumlah stand di areal tersebut. Selain itu, ada produk industri kreatif Banyuwangi yang dijajakan oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tertarik? ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.