22 – 28 Februari 2016, Pameran Foto ‘Alkisah’ Tentang 17 Cerita Rakyat

0
870
Rio Wibowo bersama hasil potretannya (Foto: LIputan6.com)

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: RIO WIBOWO menggelar pameran foto di berbagai kota di Indonesia. Pria yang dikenal dengan nama Rio Motret ini membawa misi pelestarian budaya lewat karya fotografi bertema Cerita Rakyat dengan judul Alkisah. Pameran diselenggarakan pada Senin 22 Februari 2016 hingga 28 Februrai 2016 di Atrium utama Trans Studio Mall Bandung. Ini merupakan pameran ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.

Pameran foto ‘Alkisah’ karya Rio Motret hadir di Bandung. Ini merupakan suguhan pameran foto berlatar cerita rakyat yang dikemas dengan begitu modern. ‘Alkisah’ mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi. Pameran Alkisah merupakan salah satu pencapaian karier dari Rio Motret. Proyek besar ini melibatkan seratus pekerja seni mulai dari kalangan selebritis, desainer, dan stylist.

Proyek ini muncul ketika Rio sadar bahwa kecenderungan anak muda sekarang sudah kehilangan minat terhadap cerita rakyat Indonesia. Padahal, di Indonesia lahir berbagai cerita rakyat dari berbagai daerah-daerah yang ada. Rio bertekad untuk membuat sebuah pameran foto Alkisah demi menyadarkan masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal kebudayaan kita sendiri.

Beberapa cerita rakyat yang diangkat adalah Sabai Nan Aluih dari Sumatra Barat, Si Pitung dari Jakarta, Lutung Kasarung dari jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jaka Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah dan Roro Jonggrang dari Yogyakarta.

Melibatkan 100 pekerja seni, Rio merasa beruntung bisa menggaet selebriti papan atas tanpa dibayar. Tidak kurang 61 artis ibu kota ikut terlibat langsung menjadi model dalam karya Rio, diantaranya Meisya Siregar, Syahrini, Ashanty, Melly Goeslow, Vino G Bastian, Denny Sumargo dan masih banyak lagi.

Selain mengusung tema cerita rakyat, pameran ini juga bertema fashion dimana kostum dan asesoris yang dikenakan para artis adalah perpaduan klasik etnik dengan sentuhan moderen. Juga, Rio dan tim juga berencana untuk membukukan hasil jepretannya tersebut agar bisa dinikmati orang banyak, disamping ia dan tim masih akan melakukan roadshow ke berbagai kota di Indonesia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.