2017, Tingkat Hunian Hotel Optimis Membaik

0
572

MALANG, bisniswisata.co.id: Hotel-hotel di Malang optimistis tingkat huniannya bakal lebih baik pada 2017 seiring keyakinan positif pengusaha bahwa kondisi ekonomi lebih menggeliat dibandingkan dengan tahun ini. Memang, tahun 2016 tingkat hunian di hotel lebih rendah dibandingkan 2015 sebagai masa paceklik karena sempat ada larangan dari pemerintah untuk menggelar rapat di hotel.

“Pada 2015 kami terbantu dengan kegiatan korporasi yang banyak. Saat ada larangan dari pemerintah menggelar kegiatan di hotel bagi aparat pemerintah, dari korporasi justru banyak yang menggelar rapat di hotel kami,” papar Marcomm Manager & Executive Secretary HARRIS Hotel & Convention Malang Nicky Olivia di Malang, Senin (26/12/2016).

Pada tahun ini, sambung dia, diperkiraan tingkat hunian hotel hanya sekitar 68 persen. Namun, untuk Desember 2016 tingkat hunian sangat bagus bersamaan libur panjang sekolah, Natal, dan Tahun Baru 2017.

Secara year to date, tingkat hunian di HARRIS Hotel & Coventions mencapai lebih dari 80 persen. Beberapa tanggal bahkan justru fully booked. Namun, di Hotel Best Western OJ Malang, kata Manager Sales & Marketing Ledya Shelfy, justru tingkat huniannya justru lebih bagus bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Pada tahun ini, diproyeksikan revenue naik Rp 1,5 miliar bila dibandingkan dengan pencapaian di 2015. Pada Desember 2016, tingkat hunian bahkan mencapai 90 persen. “Tapi memang tingkat hunian hotel pada Desember biasanya tinggi melebihi dari angka yang diproyeksikan, dianggarkan,” ucapnya.

Pada 2017, dia memprediksi tingkat hunian hotel di Malang, khususnya di Best Western OJ akan lebih baik lagi. Karena itulah, tahun depan tingkat hunian diproyeksikan bisa mencapai 77 persen secara rerata, ungkapnya seperti dilansir laman Tempo.co

Menurut Nicky, tren hunian hotel di Malang bakal bagus di tahun depan melihat tren pemesanan kamar. Seperti di Harris Hotel Malang, pemesanan Januari 2017 sudah mencapai 51 persen, padahal di tahun-tahun sebelumnya pada periode yang tingkat hunian hotel rendah, sepi.

Optimisme tingkat hunian hotel di 2017 kondisi lebih baik, kata dia, bersamaan dengan optimisme dari kalangan pengusaha. Mereka memandang bahwa perekonomian di tahun depan lebih bagus daripada tahun ini sehingga mereka perlu melakukan perencanaan-perencanaan untuk ekspansi usaha dengan menggelar rapat di hotel. (*/TMO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.