2017, Makassar Targetkan Kunjungan 5 Juta Wisatawan

0
608
Pantai Losari Makassar sepi wisatawan

MAKASSAR, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menargetkan kunjungan wisatawan di atas lima juta pada 2017. Target tersebut dianggap realistis mengingat kunjungan wisatawan pada 2016 melebihi empat juta. Optimisme tersebut juga didukung banyaknya event berskala nasional dan internasional yang siap digelar di Kota Daeng sepanjang tahun ini.

“Target kita harus di atas lima juta wisatawan pada tahun ini. Kan banyak event besar yang akan digelar dan kita akan isi 15 ribu kamar (hotel) yang ada di Makassar,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto di Makassar, Rabu (25/1/2017).

Menurut Danny, beberapa kegiatan internasional yang siap dihelat di Makassar yakni International Creative Cities Conference, Konferensi Koperasi se-Asia Pasifik, dan event internasional andalan Kota Daeng yakni F-8. Itu belum termasuk sejumlah kejuaraan internasional, seperti dragon boat, soft ball, muay-thai, dan balap sepeda. “Untuk F-8 saja, saya targetkan satu juta wisatawan yang datang. Saya yakin itu bisa tercapai melihat antusiasme dan semarak kegiatan pada tahun lalu,” ujar Danny.

Saat ini Pemkot Makassar sudah mulai mempersiapkan perhelatan F-8. Rencananya, undangan ke perwakilan negara-negara disebar pada Februari mendatang. Danny mengimbuhkan optimisme meningkatnya kunjungan wisatawan juga tidak lepas semakin intensifnya jadwal kedatangan kapal pesiar ke Makassar. Tahun ini, kata dia, tercatat sedikitnya 17 kali kapal pesiar merapat ke Kota Angin Mamiri. “Tiap kunjungan itu biasanya diikuti sekitar 1.200 wisatawan,” tutur dia.

Pemkot Makassar, Danny melanjutkan menaruh atensi besar terhadap upaya menggenjot kunjungan wisatawan khususnya dari luar negeri. Selama ini, diakuinya kunjungan wisatawan asing tidak lebih dari 100 ribu. Karena itu, pihaknya telah menyiapkan beragam strategi menarik wisatawan asing ke Makassar.

Selain gencar menghelat event internasional dan promosi wisata, Danny mengatakan pihaknya telah menata kota menjadi lebih baik dan ramah terhadapi pelancong. “Kami sudah buat pedestrian dan menata pedagang kaki lima. Selanjutnya, dilakukan standardisasi hotel dan restoran di mana akan disiapkan greeter untuk wisatawan asing,” pungkasnya.

Tercatat ada 5 destinasi wisata di Kota Makassar yang paling ramai dikunjungi antara lain:

01. Pantai Losari

Pantai di Jalan Penghibur ini menjadi kegiatan wajib bagi setiap pengunjung yang datang ke Makassar. Tempat wisata andalan ini memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya pantai dikenal dengan pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Namun menemui beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini misalnya memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu, menikmati kuliner khas Makassar dan masih banyak lagi.

02. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam tak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Pada awalnya, benteng dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, sampai kemudian bangunan disempurnakan oleh raja ke-14. Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Penyu dipilih karena binatang ini dapat hidup di air dan di darat, hal ini sesuai dengan Keajaan Gowa-Tallo yang berjaya di lautan maupun daratan.

Nama awal dari benteng ini adalah ‘Benteng Ujungpandang’ sampai pada saat benteng ini jatuh ke tangan Belanda dan berganti nama menjadi Fort Rotterdam. Nama ini menjadi populer sampai sekarang. Pada zaman Belanda, benteng ini digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah hasil rampasan dari Indonesia bagian timur. Di dalam kompleks benteng, terdapat 13 bangunan dan lima buah menara dengan sebuah menara di pintu masuk, sedangkan empat buah menara lainnya ada di setiap sudut kawasan benteng. Ada juga sebuah museum yang disebut Museum La Galigo yang berisi koleksi benda-benda sisa kebesaran kerajaan dahulu. Selain itu, ada sebuah ruangan yang diyakini sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

03. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar menjadi sebuah ikon tempat wisata modern di kota ini. Dibuka pada tanggal 20 Mei 2009, Trans Studio berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Di dalamnya, terdapapat 21 wahana dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City, dan Magic Corner.

04. Jalan Somba Opu

Berlibur tak lengkap jika tak mengunjungi pusat oleh-oleh khas kota yang didatangi. Tidak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam, ada Jalan Somba Opu yang ramai digunakan sebagai tempat menjual dan mencari oleh-oleh khas Makassar, mulai dari kerajinan, makanan khas sampai dengan minyak gosok cap tawon.

05. Pantai Akkarena
Selain Pantai Losari yang lagi hits saat ini, objek wisata di Makassar ada juga pantai yang sudah sejak lama dibuka seperti Pantai Akkarena. Fungsi utama dari pantai ini adalah sebagai dermaga tempat berlabuhnya kapal-kapal yang mengantarkan wisatawan berkeliling di sekitar laut Makassar. Selain itu juga, di pantai ini anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam serta mencoba fasilitas lain seperti banana boat, loker, tanam hidangan, flying fish, air jetskii dan tempat parkir yang luas. (*/WEO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.