2017, Korsel Targetkan 1,2 Juta Turis Muslim

0
422
Wisatawan muslim nikmati kuliner halal (Foto: The Jakarta Post)

SEOUL, Bisniswisata.co.id: Jumlah wisatawan muslim yang liburan ke luar negeri meningkat cukup pesat selama beberapa tahun belakangan. Korea Selatan adalah salah satu negara yang menyiapkan diri untuk menyambut turis muslim.

Sepanjang 2017, Korsel lewat Korea Tourism Organization (KTO) berencana menarik 1,2 juta wisatawan muslim. Saat ini, jumlah wisatawan muslim di seluruh dunia berada pada kisaran 1,7 miliar orang.

Dari rilis KTO yang diterima KompasTravel, Selasa (4/4/2017), cara pertama untuk menyambut turis muslim adalah memperbanyak restoran muslim-friendly. Dari awalnya 135 restoran, kini menjadi 170 restoran halal.

Restoran muslim-friendly adalah restoran yang menyajikan makanan seafood, vegetarian dan lainnya yang bisa dimakan oleh turis muslim. Terdapat empat jenis resoran yakni Halal Certified (disertifikasi oleh Korea Muslim Federation), Self Certified (disertifikasi sendiri oleh restoran setelah evaluasi), Muslim Friendly (menjual beberapa menu halal), dan Pork Free (menggunakan daging selain babi).

KTO juga menerbitkan buku panduan bagi wisatawan muslim. Di dalamnya terdapat informasi terkait karakteristik pasar wisatawan muslim, informasi makanan halal, juga tempat ibadah di Korea.

September 2017, Korsel akan menggelar ‘Halal Restaurant Week’ untuk menawarkan makanan Korea yang halal dengan harga diskon kepada turis muslim.

Tahun lalu, Korsel dikunjungi 980.000 orang wisatawan muslim. Presentasenya hanya 5,7 persen dari total wisman yang berkunjung ke Korea yaitu 17,2 juta orang.

Meski begitu, jumlah tersebut sudah meningkat selama lima tahun terakhir. Bersama dengan pasar wisatawan Tiongkok, turis Muslim adalah salah satu pasar wisatawan yang sangat populer di Korsel. (*/KMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here