2017, Indonesia Targetkan Gaet 2,2 Juta Pelancong Singapura

0
518

SINGAPURA, bisniswisata.co.id: Indonesia optimis mampu menjaring wisatawan asal Singapura sebanyak 2,2 juta orang sepanjang tahun 2017, atau mengalami kenaikan 46,6% dari tahun 2016 sebanyak 1,5 juta turis. Pelancong dari negeri kepala singa itu, dinilai masih sangat potensial untuk dikembangkan seiring berbagai kemudahan akses masuk ke Indonesia.

“Ada penerbangan langsung dari Singapura ke 14 daerah di Indonesia dan empat destinasi menggunakan kapal laut setiap hari. Sekarang akses masuk dari Singapura ke destinasi di Indonesia semakin mudah,” ungkap Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya seperti dilansir laman Bisnis.com, Jumat (17/02/2017).

Dijelaskan pemerintah mematok target kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (produk domestik bruto/PDB) nasional sebesar 13% dengan target devisa yang dihasilkan sebesar Rp200 triliun. Selain itu, penyerapan tenaga kerja dipatok 12 juta orang, jumlah kunjungan wisman 15 juta, dan pergerakan wisatawan nusantara 265 juta, serta indeks daya saing berada di ranking 40 dari posisi saat ini di ranking 50 dunia.

Untuk merealisasikan target kunjungan 2,2 juta turis Singapura itu, Kementerian Pariwisata mengikuti pameran internasional National Association of Travel Agents Singapore (NATAS) Travel Fair 2017 yang digelar di Singapore Expo, Singapura, pada 17-19 Februari 2017. NATAS Travel Fair 2017 merupakan momentum yang dinilai paling potensial untuk menjaring lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia, terutama wisman dari Singapura.

Pelancong Singapura yang berwisata ke Indonesia paling banyak mengunjungi Batam, Bintan, Bali, Jakarta, Bandung dan kini sudah mulai merambah ke Lombok, dan Komodo di NTT. Umumnya mereka terpesona datang ke Indonesia karena memiliki pesona alam, daya tarik budaya juga kulinernya. Selain jarak tempuh yang sangat mudah dan cepat serta beayanya tidak terlalu mahal. (*/BIO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.