2016, Pelabuhan Tanjung Emas Disinggahi 20 Kapal Pesiar

0
1977
Kapal pesiar bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas (Foto: BUMN.go.id)

SLEMAN, test.test.bisniswisata.co.id: PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencatat sepanjang tahun 2016, direncanakan ada sekitar 20 kapal pesiar dari berbagai mancanegara akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kedatangan cruise ship ini, menambah daftar panjang wisatawan asing yang berwisata ke Borobodur. Mengingat tujuan turis kapal pesiar itu ingin melihat kemegahan candi Borobodur.

“Sekali datang bisa mencapai 2 ribu wisatawan mancanegara. Mereka biasanya ke Candi Borobudur, ini sesuai jadwal mereka,” papar Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III Toto Heliyanto disela-sela penandatangan kerjasama 12 BUMN kembangan wisata Joglosemar di Candi Prambanan, Sleman, Rabu (27/04/2016).

Memang, sambung Toto, selama ini wisatawan cruise ship lebih banyak melihat candi Borobudur. Padahal banyak destinasi wisata lainnya yang belum ditawarkan secara optimal. Karenanya pengembangan kawasan wisata Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) ini, bisa menjadi daya tarik pelancong kapal pesiar.

“Caranya ya menginformasikan kepada travel guide kapa pesiar bahwa tidak hanya candi Borobudur sebagai kunjungan wisata, namun ada objek-objek wisata lain yang ditawarkan.
Ada Keraton Jogja dan Solo, Prambanan, Lawang sewu, Gedong Songo dan lainnya. Juga wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Jika wisatawan menambah waktu kunjungannya maka pengeluaran turis juga semakin besar,” tambahnya.

Dikatakan, Pelindo III dalam paritisipasi pengembangan wisata Joglosemar akan melakukan revitalisasi pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, sebagai pintu masuk wisatawan dengan kapal pesiar. Sebelumnya pelabuhan itu terkendala rob (limpasan air laut pasang), kini kendala tersebut sudah diatasi dengan teknologi sistem polder untuk mengeringkan. “Pelindo III juga telah merevitalisasi terminal penumpang pelabuhan melalui berbagai penataan interior yang menyamankan para penumpang kapal laut,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2015 akan ada 27 kapal pesiar yang sandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Dengan meningkatnya kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Emas, Tri berharap di tahun-tahun mendatang Tanjung Emas semakin laris dikunjungi kapal pesiar. Tak hanya itu, fasilitas yang ada di Terminal Penumpang akan menjadi prioritas dan lebih ditingkatkan bagi kenyamanan wisatawan. (*/EN)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.