2016, Kunjangan Wisman ke NTT Lebihi Target

0
610
Wisatawan China menyaksikan komodo di NTT

KUPANG, bisniswisata.co.id: Sepanjang 2016, jumlah kunjungan wisatawan nusantara (Wisnus) maupun mancanegara (wisman) ke Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai lebih dari 100.000 orang. Jumlah ini melebihi target yang ditentukan pemerintah.

“Jika melihat kondisi dilapangan, jumlah kunjungan wisatawan naik mencapai 20 persen hingga Desember 2016 dibandingkan tahun sebelumnya. Ini sangat luar biasa dan membanggakan,” papar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu di Kupang, Senin (02/01/2017).

Dilanjutkan, meningkatnya jumlah kunjungan terutama para wisatawan asing dipengaruhi oleh adanya kebijakan bebas visa yang diberlakukan pemerintah pusat. “Salah satu faktor yang mempengaruhi melonjaknya jumlah kunjungan wisatawan asing karena adanya bebas visa bagi sekitar 167 negara masuk ke Indonesia,” katanya.

Marius mengatakan, pangsa pasar terbesar untuk kunjungan wisatawan ke NTT ialah wisatawan domestik karena angka statistik menunjukkan jumlah pengunjung lebih didominasi wisatawan dalam negeri.

“Kita targetkan di NTT akan mengalami kenaikan lebih dari 20 persen pada tahun 2017 baik domestik maupun asing,” katanya seperti dilansir laman Antara.

Untuk mencapai target itu, menurutnya, akan lebih baik jika ada penerbangan langsung dari luar negeri ke daerah setempat karena selama ini melalui Denpasar dan Jakarta. “Akan lebih baik jika ada penerbangan langsung dari Kuala Lumpur, Singapura, Jepang, Cina, ke Labuan Bajo misalnya,” katanya.

Untuk itu, dia berharap agar pemerintah pusat bisa membantu mewujudkan rute penerbangan langsung yang dimaksud. Juga menyurati Maskapai Garuda untuk melayani rute Darwin-Kupang-Saumlaki yang disetujui oleh gubernur setempat.

“Pemerintah Saumlaki di Maluku Tenggara Barat kan meminta penerbangan langsung Darwin-Saumlaki, untuk itu kami minta supaya itu disatukan dengan kita Darwin-Kupang-Saumlaki,” demikian Marius Ardu Jelamu. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.