2016, Bandara Minangkabau Terhubung Kereta Api

0
1528
PADANG, 3/11 - BANDARA PADANG. Sejumlah pendatang dari sejumlah daerah di Indonesia baik dari lembaga pemberian bantuan dan LSM tiba dibandara Internasional Minang Kabau Padang Sumatra Barat. Senin (2/10). Pasca Gempa Padang berbagai pihak memamfaat Bandara International Minangkabau sebagai transportasi cepat menuju padang Sumbar. FOTO ANTARA/RAHMAD/ed/hp/09

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: MENTERI Perhubungan Ignasius Jonan menegaskan pembangunan Bandara Internasional Minangkabau, Padang yang terhubung dengan kereta api akan terealisasi pada akhir 2016.

Hal ini memang menjadi arahan Jokowi agar semua bandara atau airport terhubung dengan moda transportasi lain seperti kereta api maupun Light Rail Transit (LRT). “Iya 2016 itu beroperasi kereta api bandara di Padang,” kata Jonan di Istana Negara, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Menurut mantan Dirit PT. Kereta Api, nantinya pembangunan kereta api bandara di Padang ini melalui beberapa stasiun. “Stasiun padang, stasiun duku terus langsung masuk bandara,” papar Jonan.

Jonan menambahkan, pembangunan kereta api bandara di Padang ini tidak terkendala lahan. Semua masih dapat diselesaikan tepat waktu. Namun, disisi lain, dirinya tidak dapat membandingkan pembiayaannya lebih mahal mana pembangunan kereta api bandara di Padang dengan kereta bandara Kuala Namu, Medan. Pembangunan kereta api bandara di Padang ini menggunakan APBN-Perubahan 2015

“Kan panjangnya 23 kilo meter (km), tapi yang dibangun cuma 4 km. Kuala Namu dibangun waktu itu dari 4 km, mungkin 6 km dan sebagainya. Jadi enggak bisa dibandingkan begitu, persoalannya ada jembatan yang panjangnya 162 m, Kuala Namu enggak ada,” sebutnya sambil menambahkan “Wong rel yang baru aja 3,29 km kok, sudah dibangun 2,9 km, kurang 1 km tinggal dipasang lah,” sambungnya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.