2016, Bandara Banyuwangi Beroperasi

0
1506
Bandara Blimbingsari Bayuwangi (foto: airport.co.id)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: KEMENTRIAN Perhubungan (Kemenhub) tengah mengembangkan Bandar Udara/Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, Jawa Timur. saat ini tengah dikerjakan Pembangunan terminal penumpang.

“Pembangunan terminal bandara ini mengusung konsep ‘Go Green’‎ yang dalam penggunaan energinya bersumber dari alam sehingga akan ramah lingkungan. Mudah-mudahan Desember selesai, lalu beroperasi di awal 2016,” papar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Jakarta, Ahad (25/10/2015).

Menurutnya, peningkatan jumlah wisatawan ke Banyuwangi dan sekitarnya menjadikan satu alasan mengapa bandara yang berada di wilayah paling timur Pulau Jawa ini harus dikembangkan.‎ “Kapasitas penumpang kalau di isi penuh jadi sekitar 300-400 orang atau 2-3 penerbangan‎ datang bersama atau berangkat bersama, cukup itu,” tegas Jonan.

Terminal bandara Blimbingsari dibangun dengan konsep green building yang memanfaatkan energi alami seperti memanfaatkan pencahayaan matahari sebagai penerang ruangan di siang hari, ucapnya seperti diunduh laman Liputan6.com

Nantinya, lanjut menteri, terminal yang diarsiteki Andra Matin didesain tanpa AC, kecuali di ruangan tertentu. Tidak hanya itu, aliran air juga ikut membantu menyejukkan udara.Nantinya bandara ini akan seperti Bandara Samui di Thailand yang juga berkonsep green airport.

Bandara Banyuwangi, pada 2011, jumlah penumpang baru mencapai ribuan orang, lalu meningkat menjadi 24 ribu orang pada 2012, dan melonjak menjadi 44 ribu pada 2013. Angka itu, sambungnya, terus melonjak menjadi 87 ribu orang pada 2014. Sedangkan, sampai Juni 2015 sudah 60 ribu orang.‎

Selain konsep hijau, arsitektur Bandara Blimbingsari Banyuwangi juga mengadopsi kearifan lokal, yaitu arsitektur khas Suku Osing, masyarakat asli Banyuwangi. Atap bandara juga mengadopsi penutup kepala khas masyarakat Suku Osing. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.