2016, 600 Guide Berbahasa Mandarin Disertifikasi

0
1062

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: SEKITAR 600 pemandu wisata atau guide berbahasa mandarin dari Bali bakal mengantongi sertifikasi dari Kementerian Pariwisata. Sebelum mendapat sertifikat, para pemandu wisata mendapat pelatihan bahasa mandarin dan pengetahuan lainnya tentang pariwisata Indonesia.

“Pada 2015 lalu kami sudah melatih serta memberikan sertifikasi kepada 600 pemandu wisata dan tahun ini akan kami tambah 600 orang lagi,” terang I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di Denpasar, Rabu (10/2/2016).

Menurutnya, salah satu faktor penentu kepuasan wisatawan adalah adanya pramuwisata yang kompeten. “Selain Bali, kami juga melakukannya di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Selain itu tahun ini yang akan fokus kami kerjakan serius adalah di Manado karena banyak sekali wisman dari China yang pergi ke Manado dahulu baru ke Bali,” jelasnya.

Jumlah tenaga pariwisata yang akan disertifikasi pada 2016 ini di seluruh Indonesia adalah sebanyak 35.000 orang dan untuk pemandu wisata berbahasa mandarin ada sekitar 1.000 orang.

“Bali telah menjadi destinasi favorit dari Negeri Tirai Bambu tersebut yang terbukti dengan kunjungannya yang terus meningkat setiap tahun. Yang disukai oleh turis China adalah pantai, pasir putih, dan langit cerah. Selain itu mereka juga suka berbelanja, termasuk barang-barang branded di butik-butik dan mereka bisa mendapatkan itu semua di Bali,” ujarnya. (*/b)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.