2016, 3.300 Kamar Hotel Baru Serbu daerah

0
721

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Konsultan riset properti Cushman & Wakefield Indonesia mengakui kendati kondisi ekonomi kurang bergairah, justru industri perhotelan masih dianggap potensial bagi para pengembang properti. Terbukti, banyak jaringan hotel membangun hotel baru di Indonesia pada tahun 2016.

“Dengan estimasi sebanyak 3.300 kamar hotel akan dibangun di beberapa daerah seperti Bandung, Batam, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Ini menunjukkan bisnis hotel masih optimis,” papar Arief Rahardjo, kepala riset & advisory Cushmand & Wakefield Indonesia dalam keterangan tertulis, Jumat (11/12/2015).

Di Jakarta, lanjut dia, total pasokan hotel bintang 3 sampai bintang 5 di Jakarta akan mencapai 34.900 kamar hotel pada akhir tahun 2016. Kondisi serupa juga terjadi di beberapa wilayah di daerah, baik membangun hotel baru maupun tambahan kamar.

Dia menganalisis, saat ini terlihat tren adanya permintaan aktivitas meeting, incentives, conferences, dan exhibition (MICE) pada skala kecil dan menengah. Kondisi itu mendorong para operator untuk mempertimbangkan pengembangan hotel bintang tiga dan bintang empat.

“Pada 2016, hotel bintang empat diperkirakan akan mendominasi pasar sebesar 38% dari total pasokan,” jelas Arief.

Menurutnya, tingkat hunian untuk hotel bintang tiga, bintang empat, dan bintang lima pada akhir 2016 masing-masing diprediksikan akan mencapai 60,2%, 60,3% dan 63,3%. Harga kamar diperkirakan akan tetap tumbuh sebesar 8-10%, walaupun akan ada banyak pasokan yang masuk pada 2016. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.