2015, Wisatawan Kapal Pesiar Ditargetkan 2,17 Juta Orang

0
1167
Kapal pesiar (foto: iniunic.blogspot.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Pertumbuhan pasar kapal pesiar di wilayah Asia, mengalami grafik kenaikan yang pesat. Tahun 2014 jumlahnya mencapai 1,81 juta orang yang berwisata dengan kapal pesiar, atau mengalami kenaikan 31,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 1,5 juta orang. Sepanjang 2015, diperkirakan mengalami kenaikan sebanyak 2,17 juta orang yang akan pelesir dengan kapal pesiar.

“Memang trend kenaikan berwisata dengan kapal pesiar semakin bagus. Mengingat, berpergian dengan kapal pesiar dapat menjadi pilihan wisatawan bila ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus dapat dinikmati secara santai, cocok untuk refreshing dan menyenangkan,” kata Direktur Princess Cruises untuk Asia Tenggara Farriek Tawfik di Jakarta, Selasa.

Dulu, sambung dia, pesiar untuk orang kaya atau usia pensiun yang punya banyak waktu banyak yang menikmati kapal pesiar. Namun sekarang penumpang kapal pesiar sangat berbeda, malah pangsa pasarnya didominasi orang muda, para profesional muda juga keluarga muda yang baru membina rumah tangga.

Menurut Farriek, jalan-jalan dengan kapal pesiar masih identik dengan kata mahal karena hanya orang-orang dengan kantung sangat tebal yang dapat melakukannya. Sekarang ini, dengan pertumbuhan kelas menengah, banyak orang yang memasukkan liburan ke dalam kebutuhan hidup mereka.

Bagi mereka yang belum pernah bepergian dengan kapal pesiar, Farriek menyarankan untuk mengambil perjalan pendek 3-5 hari dengan rute mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara, misalnya Singapura-Malaysia-Thailand. Wisatawan yang belum pernah berpesiar umumnya menganggap akan bosan selama di kapal menuju ke tempat persinggahan berikutnya.

Padahal, menurut Farriek banyak yang bisa dilakukan karena kapal mulai dari kolam renang, tempat menonton film hingga restoran. Agar tidak merasa malu atau tidak tahu mau melakukan apa, pimpinan perusahaan Carnival Singapura ini menyarankan untuk bepergian dalam grup. “Biar lebih meriah,” kata dia.

Salah satu keunggulan jalan-jalan dengan kapal pesiar adalah tidak perlu memikirkan tempat menginap dan makanan karena umumnya mereka menawarkan paket lengkap akomodasi, makanan dan fasilitas penunjang yang ada di kapal.

Ika Safitri Nafisah, Wholesaler Tour Manager Happy Holiday, bagian dari Panen Tour, pun menyarankan rute pendek di Asia bagi pemula apabila tidak ingin kesulitan mengurus visa. Memesan perjalanan dengan kapal pesiar tidak dapat segera.Ika menyarankan untuk “booking” 3-6 bulan sebelum berangkat untuk mendapat harga terbaik. “Perubahan harga perjalan bisa sebulan sekali,” kata Ika.

Jadwal pesiar umumnya keluar setahun sebelum berangkat. Bila memesan dari jauh hari, wisatawan juga dapat berburu tiket pesawat murah bila kapal yang hendak dinaiki bersandar di luar negeri. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.