Home INDEX 2015, Jumlah Wisatawan Indonesia ke Luar Negeri Meningkat

2015, Jumlah Wisatawan Indonesia ke Luar Negeri Meningkat

0
5646
Orang Indonesia padati Singapura

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Data World Tourism Organization (WTO) mencatat, jumlah wisatawan Indonesia yang bepergian ke luar negeri pada tahun 2015 meningkat tiga persen dibanding tahun 2014 atau sebesar 6,31 juta wisatawan. Peningkatan jumlah wisatawan ke luar negeri ini juga diiringi dengan peningkatan transaksi belanja dengan menggunakan kartu kredit untuk travel sepanjang tahun 2015 yang mencapai lebih dari Rp800 miliar atau naik 5 % dibanding tahun 2014.

“PT Bank UOB Indonesia mencatat, 14% dari total transaksi lini bisnis kartu kreditnya digunakan di luar negeri dan untuk keperluan bepergian. Sementara, industri kartu kredit itu sendiri cuma mencatat 13% dari total transaksi yang digunakan di luar negeri.” papar Executive Director, Head of Personal Financial Services UOBI Lynn Ramli, di Jakarta, Kamis (14/1/2016).

UOBI juga mencatat transaksi di luar negeri melalui kartu kredit banyak dilakukan di merchant-merchant kategori fashion (20,7 persen), kesehatan (13,9 persen), hotel & akomodasi (13,1 persen), ritel (8,5 persen), hingga Departement Store (8,1 persen).

Dilanjutkan, saat ini, orang Indonesia dapat bepergian ke hampir lebih dari 50 negara yang memberikan fasilitas bebas visa atau memberikan layanan Visa on Arrival. Peningkatan minta orang Indonesia berwisata juga didukung dengan peningkatan transaksi e-commerce yang memungkinkan mereka untuk melakukan perencanaan liburan mereka secara online.

Tujuan wisata favorit wisatawan Indonesia terdiri dari lima negara Asia yakni Singapura yang mencapai 31%, lalu disusul dengan Malaysia mencapai 25%. Kemudian berikutnya adalah China sebesar 13%, selanjutnya Arab Saudi mencapai 7,5% dan Thailand mencapai 5,9%.

President Director Visa Worldwide Indonesia, Ellyana Fuad menambahkan, berdasarkan hasil riset Visa Global Travel Intention Study menunjukkan, bahwa 73% wisatawan Indonesia memilih menggunakan kartu kredit di tahap booking dan 54% akan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran mereka di berbagai merchant. ([email protected])

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.