2015, Apron Bandara Hang Nadim Diperluas

0
836

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: Badan Pengusahaan Batam segera memperluas Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengantisipasi terus meningkatnya jumlah pesawat yang beroperasi dari bandara dengan panjang landas pacu mencapai 4,025 kilometer tersebut.

“Perluasan akan dilakukan pada 2015 pada arah kiri terminal penumpang atau kawasan depan terminal kargo dengan luas 40 ribu meter persegi,” kata Kepala Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suprsetyo.

Saat ini, kata dia, luas Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai 165 ribu meter persegi dan mampu menampung 18 pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767 atau Airbus A380. Dengan penambahan apron tersebut, diharapkan mampu menampung sekitar 30 pesawat jenis Boeinf 737/A320 atau lebih dari 20 pesawat berbadan lebar.

“Penambahan apron hanya bagian kecil dari renovasi dan pembangunan bandara yang direncanakan BP Batam untuk meningkatkan salah satu fasilitas penunjang perdagangan bebas tersebut,” kata dia.

Pada 2015, kata dia, juga akan dilakukan renovasi terminal kedatangan, kawasan parkir karena jumlah penerbangan terus bertambah.

Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan setelah apron diperluas, Lion Air akan menyiapkan satu pesawat berbadan lebarnya untuk melayani umrah.

“Mereka sudah lama mengajukan, namun masih menunggu realisasi penambahan apron. Jika sudah selesai, mereka akan menempatkan Boeing 747-400 mereka di Batam,” katanya seperti diunduh laman Antara, Ahad (23/11/2014).

Selain itu, kata dia, maskapai di bawah naungan Lion Group pada 2015 juga akan menjadikan Hang Nadim penghubung internasional terutama ke kawasan Asia.

“Mereka merencanakan penerbangan ke Thailand dan Hongkong dalam waktu dekat. Saat ini Lion juga sudah memilih Hang Nadim sebagai hub domestik Indonesia wilayah barat ke tengah dan timur sehingga mengurangi kepadatan di Soekarno Hatta,” kata Suwarso. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here