20 – 30 Oktober 2016, Festival Bahari Kepri 2016

0
827
(Foto: M Noor Kanwa/Batam Pos)

KEPULAUAN RIAU, test.test.bisniswisata.co.id: Beragam potensi wisata bahari di seluruh wilayah Kepulauan Riau akan ditampilkan di dalam Festival Bahari Kepulauan Riau (Kepri) 2016 yang diselenggarakan pada 20-30 Oktober 2016. Ini merupakan bagian dari Sail Selat Karimata 2016 yang sudah berlangsung sejak 2009 dan melibatkan 4 provinsi, yaitu: Provinsi Kalimantan Barat, Riau, Jambi dan Kepri sendiri.

Rangkaian Festival Bahari Kepri dimulai dengan Eco Heroes yaitu gotong-royong masal oleh 1.200 anggota kelompok sadar wisata dan aparat keamanan. Kemudian pada 21-23 Oktober dilangsungkan dragon boat race di Sungai Carang Tanjungpinang, dilanjutkan acara Wonderful Indonesia Sailing diikuti 100 kapal yacht asing pada 26-30 Oktober yang melayari perairan Kepri.

Pada tanggal yang sama bertempat di lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang juga dilaksanakan pameran Wonderful Kepri Expo. Lalu pada 28 Oktober dilaksanakan Seminar Nasional Wisata Bahari diteruskan sore harinya event Kepri Carnival dengan tema kebaharian.

Puncak acara pada 29 Oktober dimerikahkan gelaran orkestra senja di halaman Gedung Tourits Information Center atau Gedung Gongong di pelataran tepi laut. Malam harinya akan dilanjutkan dengan menyaksikan parade kapal hias yang melintas di tepi laut, dimana Presiden Joko Widodo direncanakan menyaksikan parade tersebut.

Untuk pertama kalinya Kepri menjadi tuan rumah kegiatan festival bahari dalam rangkaian Sail Karimata. Tentu kesempatan ini tidak dilewatkan karena Kepri didukung potensi yang mumpuni. Provinsi ini terdiri dari perairan seluas 96% dari keseluruhan wilayahnya.

Kepri memiliki geostrategis yang bagus berbatasan langsung denga Vietnam dan Kamboja di utara, dengan Malaysia dan Singapura di sebelah barat. Akses kapal yacht pun semakin mudah.

Sekarang sudah ada 16+1 entry point Kepri. MoU Gubernur Kepri dengan Dubes RI untuk Singapura menjadikan Kepri sebagai gerbang wisata bahari juga sedang ditekan. Kami punya Zero Equator di Lingga, ada juga playground eksotis di Natuna dan Anambas. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.