20 – 25 Februari 2017, Discovery Japan di Jakarta

0
575
Sado , Upacara Minum Teh Jepang

JAKARTA, bisniswisata.co.id: The Japan Foundation, Jakarta, kembali menggelar Discovery Japan di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta, mulai 20 – 25 Februari 2017. Kegiatan yang diselenggarakan tiap tahun itu bertujuan memperkenalkan budaya Jepang, baik tradisional maupun modern, kepada publik Indonesia.

Beberapa acara yang digelar diantaranya pengenalan Igo (catur Jepang), Chanoyu/Sado (upacara minum teh Jepang), dan demonstrasi Kimono. Melalui kegiatan ini, para pengunjung diharapkan dapat mengenal dan belajar mengenai budaya Jepang langsung dari pakarnya. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis.

Inilah agenda Discovery Japan 2017:

01. Demonstrasi Igo (Catur Jepang)

Igo atau catur Jepang digelar Senin (20/2) pukul 10.00 – 15.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta. Permainan adu strategi layaknya perang, dimana 2 orang pemain memperebutkan wilayah pertarungan dengan biji hitam dan biji putih untuk menandai wilayah kekuasaannya. Permainan ini dari Cina, setelah masuk ke Jepang, Igo mengalami modifikasi dan pengembangan oleh bangsa Jepang. Igo makin populer. Kini jadi salah satu bagian dari budaya Jepang. Igo mulai dikenal luas di Indonesia. Perkumpulan Igo mulai dibentuk di daerah-daerah. Kali ini Federasi Igo Indonesia (FII) bekerja sama The Japan Foundation, Jakarta mengadakan workshop Igo. Para pengunjung dapat bermain Igo, belajar dan berdiskusi langsung dengan para instruktur Igo dari FII.

02. Pengenalan Sado (Upacara Minum Teh Jepang)

Sado atau chanoyu adalah salah satu budaya tradisional Jepang abad 15. Sado adalah seni mempersiapkan, menyajikan, dan meminum teh tradisional Jepang. Dalam kegiatan ini, pengenalan upacara minum teh ala Jepang dikemas dalam acara “Ochakai”. Ingin ikut mencoba teh hijau (maccha) khas Jepang bisa datang pada Selasa (21/2) pukul 10.00 – 15.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta. Segera mendaftar karena ini hanya berlaku bagi 60 orang pertama dengan pendaftaran dapat dilakukan mulai 13 Februari 2017.

03. Demonstrasi Kimono

Kimono, pakaian tradisional Jepang. Zaman sekarang kimono jarang dikenakan oleh orang Jepang dalam kegiatan sehari-hari. Kini fungsi kimono bergeser dari pakaian sehari-hari menjadi pakaian yang lebih dipakai dalam acara-formal seperti upacara pernikahan, upacara kedewasaan, upacara kelulusan, dan lainnya. Yukata adalah kimono santai dibuat dari kain katun tipis. Biasanya dipakai untuk kegiatan non-formal di musim panas, misalnya saat pergi ke festival dan melihat kembang api. Ingin mengenal lebih jauh pakaian tradisional negeri sakura ini, dapat hadir pada Selasa (21/2) pukul 14.00 – 16.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta.

04. KAWAII ILLUSTRATION WORKSHOP with Kamo-sensei

Kedua kalinya, The Japan Foundation, Jakarta mengadakan workshop ilustrasi dibimbing pengajar ahli dari Jepang. Worskhop dibawakan Kamo sensei atas kerja sama PT Zebra Indonesia. Kamo Sensei, seorang ilustrator yang terkenal dengan ilustrasi pulpennya. Beliau memulai karir di sebuah kantor periklanan sebagai desainer grafis sebelum jadi seorang ilustrator dan desainer. Kamo Sensei sudah menulis sejumlah buku membahas ilustrasi dengan pulpen. Karya ilustrasi Kamo-sensei dapat dilihat di instagram @illustratorkamo. Para peserta workshop diajak belajar tentang langkah-langkah membuat ilustrasi langsung dari ahlinya. Peserta yang diutamakan dari guru, dosen, praktisi seni. Workshop ini digelar pada Rabu (22/2) pukul 13.00 – 17.30 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2.

05. Demontrasi Ikebana

Ikebana, seni merangkai bunga gaya Jepang untuk menghadirkan pesona dan keindahan alam ke dalam ruangan. Meskipun setiap rangkaian mengandung makna dan terikat pakem-pakem tertentu, seorang perangkai tetap dapat mengekspresikan perasaannya melalui susunan bunga, daun, dan ranting. Demonstrasi ikebana bekerja sama dengan perkumpulan Ikebana International chapter 224 Jakarta. Ada 2 cabang aliran ikebana yang akan melakukan demonstrasi, yaitu Ohara dan Shofukadokai. Anda dapat mengikuti demonstrasi Ikebana pada Kamis (23/2) pukul 14.00 -16.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta.

06. Demonstrasi Origami

Thomas Andika adalah seorang remaja yang belajar origami secara otodidak. Meski memiliki kebutuhan khusus, remaja yang satu ini tidak pernah menyerah untuk terus menekuni hobi melipat kertas Jepang. Berkat ketekunannya, sekarang ia mampu menghasilkan berbagai bentuk origami dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Anda yang ingin mengikuti demonstrasi origami dapat hadir di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta pada Jumat (24/2) pukul 10.00 – 12.00.

07. Grand Final Kara OK Compe 2017

Grand Final Kara OK Compe 2017 rangkaian penutup Discovery Japan 2017 dan puncak dari lomba karaoke. Jakarta. Kompetisi karaoke ini ditujukan untuk para generasi muda Indonesia yang memiliki antusias besar terhadap dunia musik Jepang. Lomba ini sebagai ajang mengasah kemampuan tarik suara, menumbuhkan rasa percaya diri, memperluas jaringan pertemanan di kalangan pecinta musik. Kualitas para pemenangnya tak diragukan lagi. Beberapa pemenang kompetisi sebelumnya mampu menembus pasar musik Jepang. Dalam kompetisi ini, para peserta yang lolos 10 besar melalui seleksi video membuktikan kemampuan menyanyi di hadapan para juri. Peserta yang masuk ke dalam grand final memiliki kualitas vokal terbaik. Acara ini dimeriahkan bintang tamu dan hiburan lainnya. Grand final kompetisi Kara OK Compe 2017 diselenggarakan pada Sabtu (25/2) pukul 14.00 – 17.00 di Hall The Japan Foundation Gedung Summitmas I Lt 2, Jakarta. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.