2 Kapal Pesiar Singgahi Sabang

0
568
Kapal pesiar

LHOKSEUMAWE, bisniswisata.co.id: Tercatat ada dua kapal pesiar dijadwalkan singgah ke Sabang, Pulau Weh, Aceh. Kedatangan para turis Eropa itu dijadwalkan pada 17 dan 27 Maret 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Zulfi Purnawati menyebut kapal pesiar itu akan membawa ratusan turis mancanegara untuk menikmati obyek wisata bahari dan kuliner di kota Sabang.

Para wisatawan lokal dan mancangera bisa juga mengikuti aksi pembersihan karantina haji di Pulau Rubiah. Pulau ini pada masa lalu menjadi tempat persinggahan jamaah haji sebelum menuju ke Tanah Suci.

“Untuk April ada dua kali pentas seni yaitu 15 dan 29 April 2017. Ini juga menjadi acara menarik untuk para wisatawan,” kata Zulfi seperti dilansir laman Kompas.com, Sabtu (11/03/2017).

Selain itu, pada 5 April 2017 digelar seleksi Gita Bahana Nusantara. Acara ini, menurut Zulfi, untuk menjaring penyanyi yang akan mengikuti aubade pada peringatan HUT Republik Indonesia di Istana Negara, 17 Agustus 2017.

“Kami memastikan, Sabang tentu menjadi tujuan wisata yang bagus untuk para peminat wisata snorkeling, kuliner, dan menikmati berbagai keindahan obyek wisatanya,” kata Zulfi.

Sarana dan prasarana seperti transportasi dan penginapan sangat refresentatif di Sabang. “Kami berharap, Sabang membuat wisatawan akan terus berkunjung. Setelah datang sekali, lalu datang lagi pada kesempatan berikutnya,” pungkasnya.

Sabang adalah sebuah kota di Pulau Weh. Nama Pulau Weh artinya yaitu pulau terpisah. Pulau ini di ujung paling barat Indonesia dan masuk ke dalam bagian dari Provinsi Aceh. Pulau yang merupakan bagian terbesar di kota Sabang ini, memiliki potensi dan keindahan pesona alam yang beragam.

Ada sepuluh destinasi wisata di Sabang Aceh yang menawan sehingga sayang jika tak dikunjungi. Destinasi itu:

01. Pantai Iboih
Pulau Weh memiliki banyak pantai dengan birunya air laut yang memukau, salah satunya Pantai Iboih. Pantai ini berjarak 50 km dari pelabuhan Balohan. Pantai ini juga sangat asyik untuk dijadikan tempat snorkeling dan diving. Ada banyak jasa yang menyediakan peralatan snorkeling dan diving.

02. Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot atau Danau Air Tawar di Kelurahan Aneuk Laot. Dalam bahasa Aceh sendiri, Aneuk Laot itu berarti anak laut. Nama danau ini diberikan karena kota Sabang disekelilingi oleh laut. Wisata alam di danau ini sangat menyajikan keindahan panorama alam yang memukau. Disekitar danau terdapat banyak pohon rimbun menjulang tinggi yang cocok sebagai tempat beristirahat.

Wisatawan juga dapat melihat sunset laut Sabang yang berada tepat di samping danau. Pemandangan yang sangat indah juga akan muncul di malam hari. Pasalnya danau ini akan terlihat semakin cantik dengan lampu-lampu yang menyala dari atas bukit kota Sabang.

03. Pulau Rubiah
Di Pulau ini terdapat sebuah makam yang beranama Cut Nyak Rubiah, menjadikan pulau ini bernama Pulau Rubiah. Konon disekitaran makam Cut Nyak Rubiah terdapat pula banyak makam lainnya yang merupakan makam anak-anaknya. Meskipun begitu, pengunjung tidak perlu takut dengan keberadaan makam tersebut. Pulau ini menyajikan alam bawah laut yang sangat indah. Terdapat banyak terumbu karang indah dan ikan-ikan hias kecil yang memukau. Selain pantai Iboih, Pantai Rubiah juga cocok untuk melakukan Snorkeling dan Diving.

04. Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga merupakan sebuah pantai yang menyajikan hamparan pasir putih yang memukau. Pantai yang satu ini bisa dibilang memiliki garis pantai yang paling panjang daripada pantai lainnya yang ada di Sabang. Pada sore hari, ombak di pantai ini cukup besar. Sehingga momen tersebut bisa dimanfaatkan bagi para pengunjung pecinta snorkeling. Pantai Sumur Tiga ini sendiri menghadap ke arah timur. Karena itulah sunrise yang disugukan di pantai ini sangatlah cantik di dampingi dengan putihnya pasir serta laut yang berwarna biru kehijauan.

05. Benteng Jepang Anoi Itam
Benteng ini merupakan sebuah tempat wisata favorit bagi para wisatawan saat berkunjung ke Sabang. Benteng yang mempunyai nama Jepang Anoi Itam ini terletak di bagian timur Sabang. Dahulu, benteng ini merupakan tempat penyimpanan senjata bagi para pasukan Jepang. Benteng ini memiliki sejarah kelam di masa lalu, namun ada hal yang menjadi sebuah kelebihan di tempat ini, yaitu pemandangan alamnya yang indah dan memukau saat dilihat dari atas bukit.

06. Air Terjun Pria Laot
Saat berkunjung ke Pulau Weh memang kita akan berpikir untuk mengunjungi tempat wisata pantai ataupun pulau. Padahal, ada sebuah objek wisata tersembunyi yang sangat menawan dan belum banyak diketahui oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Pria Laot. Objek wisata air terjun ini berlokasi di hulu Gunung Sarung Keris, tepatnya di bagian selatan Pulau Weh. Hijaunya pepohonan yang mengelilingi lokasi air terjun seakan dapat membius mata bagi yang menikmatinya. Udara di sekitar tempat ini juga terasa sejuk dan segar. Salah satu ciri khas di tempat ini yaitu wisatawan akan mendengar beraneka kicauan burung dengan suara yang indah.

07. Pantai Anoi Itam
Dalam bahasa aceh Anoi berarti pasir, sedangkan Itam berarti hitam. Bisa disimpulkan, jadi Pantai Anoi Itam ini merupakan sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna hitam. Inilah sebuah keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai pada umumnya. Pasir berwarna hitam tersebut kemungkinan besar berasal dari gunung berapi di Pulau Weh yang masih aktif.

08. Pemandian Air Panas Keuneukai
Ingin memanjakan tubuh saat musim libur tiba? berendam di pemandian Air Panas Keuneukai bisa jadi objek wisata pilihanmu. Pemandian air panas ini merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat menarik minat para wisatawan saat berkunjung ke Sabang. Pengunjung nantinya bisa berendam dan merasakan relaksasi tubuh di pemandian Air Panas Keuneukai ini.

09. Pantai Ujung Kareung
Sabang memang memiliki banyak pantai yang banyak memikat para wisatawan karena pesona birunya air laut yang indah. Namun, pantai yang satu ini rasanya belum banyak diketahui oleh wisatawan, yakni Pantai Ujung Kareung. Padahal, pantai ini juga tidak kalah indahnya dari pantai-pantai yang ada di kota Sabang.

10. Tugu Kilometer Nol Indonesia
Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Sabang, berfoto di Tugu Kilometer Nol Indonesia ini merupakan hal yang wajib. Karena hal tersebut menjadi bukti bahwa kamu telah tiba di titik nol yang berkaitan dengan nuansa nasionalismenya yang sangat kental. Lokasi Tugu ini berada di area Hutan wisata Sabang, tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u. (*/KMP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.