2 – 7 Agustus 2016, Buleleng Festival IV 2016

0
995

BULELENG, test.test.bisniswisata.co.id: Bali kembali diramaikan event festival. Kali ini, Kabupaten Buleleng mengelar Festival IV 2016, di Tugu Singa Ambaraja, Kabupaten Buleleng, Bali pada 2-7 Agustus 2016.

Festival ini dengan tema “Masterpiece of Buleleng” ini mempromosikan potensi pariwisata Buleleng dengan menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial. Terkait kesenian yang akan ditampilkan di sana juga yang terhebat, terbaru, dan paling tersohor di Buleleng.

Dalam acara ini, juga ada parade tari joged akbar khas Buleleng yang ditampilkan 100 orang penari. Buleleng Festival ini juga akan memperkenalkan kuliner unggulan khas Buleleng.

Buleleng memiliki tari-tarian yang memiliki banyak fungsi dalam masyarakat, termasuk tarian sakral. Tarian yang sakral dipusatkan di Puri, sementara yang diluar bersifat sakral dipentaskan di Sasana Budaya dan panggung. Semua bisa dinikmati oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Bahkan untuk memeriahkan festival Buleleng ini, juga akan tampil group band SLANK dari Jakarta. Juga ada Wayang Wong yang mendapat penghargaan dari UNESCO.

Buleleng Festival dimulai pada 2013. Acara ini digelar berdasarkan ide melestarikan, mendokumentasikan, serta mempromosikan budaya lokal di Kabupaten Buleleng.

Kabupaten dengan Singa Ambara Raja sebagai ikonnya ini tidak seperti Kuta, Seminyak ataupun Legian, Buleleng jauh dari hingar bingar Pulau Bali. Oleh karenanya, inilah tempat yang tepat untuk menikmati suasana tentram.

Kabupaten Buleleng merupakan daerah utara Bali yang memiliki topografi berbukit serta beberapa gunung berapi dan gunung mati. Di sini pun terdapat danau dan pantai sehingga Kabupaten Buleleng menyediakan wisata alam yang lengkap. Buleleng sangat layak dikunjungi bersama keluarga maupun saat honeymooners bersama pasangan kekasih tercinta.

Tahun lalu, Sebanyak 21 sekaa gong di Kabupaten Buleleng, Bali menggemuruhkan pembukaan Buleleng Festival. Semua Sekaa tampil bersamaan dalam pembukaan Buleleng Festival 2015. Nantinya, puluhan sekaa gong juga akan tampil di sepanjang Jalan Ngurah Rai. Puluhan sekaa gong tampil berderet di sepanjang jalan utama di Kota Singaraja itu.

Seluruh sekaa gong juga harus menyiapkan penari yang membawakan Tari Teruna Jaya serta Tari Wiranjaya. Tari Teruna Jaya mewakili tari kebanggan masyarakat Buleleng Timur, sementara Tari Wiranjaya mewakili ikon tari masyarakat Buleleng Barat. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here