2 – 6 Oktober 2015, Festival Kota Batik Dunia 2015 di Yogyakarta

0
1709

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Daerah Istimewa Yogyakarta diakui sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craft Council (WCC) pada tahun 2014. Tahun ini, Kota Gudeg menjadi tuan rumah Festival Yogya Kota Batik Dunia. Pada acara ini, masyarakat dan wisatawan disuguhi berbagai acara mulai dari pameran batik, talkshow, fashion show dan lomba. Acara digelar 2-6 Oktober 2015, akan berlangsung di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta.

Festival Yogya Kota Batik Dunia 2015 ini untuk menindaklanjuti penghargaan WCC 2014. Meski penghargaan sudah diterima tahun 2014, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Karena itu, Festival Batik ini salah satunya untuk mengenalkan Yogyakarta telah diberikan predikat sebagai Kota Batik Dunia.

Selain itu, acara ini juga digelar untuk mengembangkan SDM di bidang batik dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik. Festival ini akan dibuka dengan acara pameran Batik. Pameran akan diikuti 50 stan dengan berbagai jenis batik, di antaranya akan memamerkan kain batik yang pernah dipamerkan di Dongyang, Tiongkok pada 2014. Pembukaanya tanggal 2 Oktober di Museum Pagelaran Keraton. Pembukaan juga sebagai perayaan penghargaan Yogya Kota Batik Dunia.

Pameran akan diselingi “fashion Show” yang seluruhnya mengutamakan busana batik. Dan untuk puncak Festival pada 5 Oktober akan diisi dengan kegiatan selebrasi terpilihnya Yogyakarta sebagai kota batik dunia dan diakhiri dengan acara lelang batik.

Pada pembukaan, akan diserahkan Plakat Yogya Kota Batik Dunia dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kepada Gubernur DIY Sultan HB X. Juga ada penandatanganan prasasti batik di titik nol dan prasasti pembangunan Monumen Yogya Kota Batik Dunia. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.