2-5 September 2016, Malang Art Week 2016

0
560
Malang Art Week 2016 (foto: www.nusakini.com)

MALANG, test.test.bisniswisata.co.id: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar Malang Art Week 2016. Festival seni dan budaya menyajikan berbagai pameran dan pertunjukkan kebudayaan Indonesia sebagai bentuk dukungan Pekan Budaya Indonesia (PBI) 2016, digelar Acara yang terpusat di Taman Krida Budaya Malang juga Universitas Negeri Malang pada 2 hingga 5 September 2016.

Malang Art Week yang pertama kali digelar ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengajak generasi muda agar terlibat aktif dalam memperkenalkan keragaman budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

Selain itu, terdapat pertunjukkan kebudayaan dari negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Sudan dan Irak. PBI bertujuan sebagai sarana pengenalan keragaman budaya pada masyarakat Indonesia, khususnya di Malang Raya. Juga seniman dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, penari kondang Didik Nini Thowok ikut tampil membuka perhelatan tersebut.

Tema Pekan Budaya Indonesia 2016 yaitu “Dari Pinggiran Merajut Budaya Nasional”. Tema tersebut merupakan implementasi dari prioritas negara untuk menempatkan kebudayaan sebagai urusan wajib yang tercantum di dalam Nawacita.

Kegiatan itu antara lain Jumat 2 September 2016, digelar berbagai lomba berkaitan dengan sejarah. Sabtu 3 September 2016 pemutaran film sejarah serta diskusi film sejarah. Minggu 4 September 2016 Sarasehan Kesejarahan dan puncaknya Senin 5 September 2016 diselanggarakan bedah buku (bianglala Budaya).

Acara menarik lainnya, workshop melukis topeng di Taman Krida Budaya tujuannya untuk menumbuhkan kecintaan muda- mudi terhadap budaya tradisional. Selain workshop topengan, ada juga workshop membatik yang diadakan oleh Museum Nasional batik. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.