19 – 22 Mei 2017, Festival Budaya Isen Mulang 2017

0
1293
Festival Budaya Isen Mulang (Foto: Antara)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Festival Budaya se Kalimantan Tengah (Kalteng) Isen Mulang (FBIM) 2017 kembali digelar. Gelaran sejak tahun 1993 itu, tetap konsisten digelar setiap tahunnya. Ajang promosi wisata, seni, budaya juga kuliner, tahun ini ditunjuk Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, sebagai tuan rumah yang akan berlangsung pada 19 hingga 22 Mei 2017.

Festival ini menampilkan 20 kegiatan utama berbagai seni pertunjukkan dan permainan tradisional yang diangkat dari kearifan lokal masyarakat Kalteng. Ada empat tempat yang ditunjukkan untuk pelaksananya yakni Taman Kota Sampit, Sungai Mentaya (Pelabuhan Patung Jelawat), Borneo Citymall, dan Stadion 29 Nopember Kota Sampit.

Tujuan dari festival ini, untuk melestarikan sekaligus mengembangkan budaya masyarakat sekaligus menjadi sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata Kalteng yang bertumpu sebagai daya tarik budaya, alam, dan wisata buatan serta mendorong meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Festival Isen Mulang merupakan bagian rangkaian memperingati hari jadi Provinsi Kalteng ke-60 tepat pada 19 Mei 2017, sehingga acara festival tahun ini akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kualitas perayaan semakin lebih bagus dan profesional juga kuantitas pengunjung diharapkan ada kenaikan 10 hingga 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Beberapa lomba di tempat kan terpisah yakni lomba dayung, besei kambe, jukung tradisional, dan jukung hias akan dilaksanakan di Sungai Mentaya, Pelabuhan Jelawat dan Habaring Hurung. Lomba sepak sawut di Stadion 29 November dan masakan tradisional di Borneo City Mall Sampit.

Adapun kegiatan diawali dengan lomba karnaval budaya, dilanjutkan dengan lomba lainnya yakni, lawang sakepeng, maneweng, manetek dan menyila kayu, manyipet, panginan tradisional, photografi, jukung tradisional, besei kambe, jukung hias, tari daerah, balugu, hambayang, lagu daerah, karungut, malamang, mangenta, mangaruhi, sepak sawut dan putra putri pariwisata.

Diharapkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk membuka FBIM 2017 yang akan berlangsung di Stadion 29 Nopember Sampit pada hari Jumat (19/5). Mengingat, kehadiran menteri dalam festival ini akan memiliki nilai strategi sekaligus memberi semangat bagi peserta dari seluruh wilayah Kalteng yang mengikuti Festival ini.

Apalagi acara pembukaan FBIM 2017 dimeriahkan dengan kegiatan Karnaval Budaya yang diikuti para peserta dari utusan kabupaten/kota se-Kalteng, SOPD provinsi, SOPD Kabupaten Kotawaringin Timur, sanggar/panguyuban, ormas, swasta, perguruan tinggi, pemuda, dan pelajar Kotawaringin Timur.

Penyelenggaraan FBIM 2017 yang mengangkat tema Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah untuk mendukung Visi dan Misi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H.Habib Ismail. (ndik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.