17 Agustus 2015, Karnaval Sungai Kapuas

0
2087
Taman Kota di sisi Sungai Kapuas Pontianak jadi pusat Karnaval Sungai Kapuas

PONTIANAK, test.test.bisniswisata.co.id: Mendongkrak kunjungan wisatawan ke Pontianak, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar karnaval Sungai Kapuas dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) RI ke-70. Karnaval Sungai Kapuas digelar bertepatan tanggal 17 Agustus, seusai upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70.

Karnaval Sungai Kapuas ini akan dijadikan kalender tahunan dalam rangka mempromosikan Kota Pontianak, juga untuk menunjukkan keseriusan dalam menata pinggiran Sungai Kapuas. Masyarakat Kota Pontianak bisa ikut mendukung kesuksesan karnaval, yang diharapkan akan menjadi daya tarik wisata dan memperkenalkan keindahan Sungai Kapuas kepada khayalak.

Sanggar-sanggar seni dan tari juga berpartisipasi mengisi kegiatan seni pada karnaval ini. Rencananya akan ada beberapa atraksi dalam karnaval itu, misalnya dimeriahkan dengan atraksi barongsai, tanjidor dan lain sebagainya yang digelar di atas kapal tongkang. Selain itu, kalangan perbankan, pengusaha-pengusaha di bidang perkapalan dan pelayaran juga diundang untuk turut serta dalam meramaikan karnaval di Sungai Kapuas ini.

Ada 100-an kapal besar dan kecil bakal melakukan karnaval di sungai Kapuas. Karnaval Sungai Kapuas ini diakuinya merupakan saran dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago yang menginginkan kegiatan semacam ini dalam rangka mengkampanyekan Sungai Kapuas.

Saat karnaval berlangsung, Jembatan Kapuas akan ditutup bagi lalu lintas kendaraan selama tiga hingga empat jam supaya masyarakat bisa menikmati karnaval dari atas jembatan tersebut.

Selain mengadakan karnaval, dia juga berencana membangun gedung perpustakaan Kota Pontianak di kawasan pinggiran Sungai Kapuas. Namun lahan yang akan digunakan untuk pembangunan gedung perpustakaan itu masih diupayakan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here