16 – 22 Oktober 2016, Festival Seni Budaya Melayu se Kalimantan Barat

0
1797

SINGKAWANG, test.test.bisniswisata.co.id: Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) kabupaten/kota se-Kalimantan Barat kembali menggelar Festival Seni Budaya Melayu (FSBM). Event wisata budaya dua tahunan, kini memasuki tahun kesebelas. Dan tahun ini, kota Singkawang ditunjuk sebagai tuan rumah dan akan dipusatkan di Stadion Kridasana Singkawang, yang bakal diselenggarakan pada 16 hingga 22 Oktober 2016.

Sesuai tema event “Menjunjung Marwah Menyambut Tuah”, juga menghadirkan seni instalasi yang sesuai dengan tema, yaitu Laksamana Hang Tuah, sosok tokoh pahlawan Melayu yang melegenda. Sebuah instalasi seni rupa berbentuk kapal Lancang Kuning dan replika Laksamana Hang Tuah bakal menyemarakkan kegiatan yang dipusatkan di Stadio Kridasana, Jalan Pelita, Singkawang, Kalimantan Barat.

Proses pembuatan replika ini sudah dilaksanakan sejak tiga minggu yang lalu. Kapal beserta replika ini dipastikan sudah selesai sebelum acara pembukaan dimulai. Kapal berbahan kayu berukuran raksasa ini nantinya bisa dinaiki oleh pengunjung, dengan kapasitas maksimal 200 orang.

Menariknya event wisata budaya nini, kurang lebih 1.000 orang dari14 kabupaten dan kota di Kalbar akan mengikuti eksebisi 16 tangkai seni yang diperlombakan. Selain itu akan diselenggarakan juga Seminar Internasional dengan tema “Mengumpulkan yang terserak, menyambung yang terputus dan menyatukan yang tercerai”. Narasumber dan pembicara adalah Prof Datok Zainal Borhan, Prof Dr Zainal Kling, Prof Dr Othman Yatim dari Kuala Lumpur, Malaysia serta pembicara lainnya dari Riau, Padang, Medan, Jakarta dan Pontianak

Selain itu, ada event yang tak kalah menariknya yakni festival jajanan kuliner tradisional. Akan ada kuliner khas Melayu dengan cara besaprah yang dapat dinikmati pengunjung setiap harinya. Baik siang maupun malam akan ada saprahan di lokasi lomba.

Agenda perlombaan tersebut di antaranya adalah lomba pencak silat, lomba bertutur, lomba rias pengantin Melayu, Syair, rancang motif Melayu, lomba sampan bidar, lomba lagu, tarian dan parade busana serta berbagai kegiatan khas tradisi Melayu lainnya.

Dan untuk mensukseskan acara budaya ini disediakan website untuk masyarakat yang ingin mendapatkan akses informasi melalui situs http://mabmsingkawang.org yang terkoneksi dengan jejaring sosial. Sehingga msyarakat dapat mengakses informasi penyelenggaraan baik acara, lomba, berita, daftar hotel dan lainnya dari media online. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.