15 Juta Korban Penipuan Pesan Hotel via Online

0
717

WASHINGTON, test.test.bisniswisata.co.id: AMERICAN Hotel and Lodging Association (AHLA) mencatat setiap tahun, rata-rata terjadi 15 juta korban penipuan pemesanan kamar hotel via online. Diperkirakan, kerugian dialami para pelancong mencapai USD 1,3 miliar per tahun.

AHLA kini mendorong sejumlah anggota kongres AS menginisiasi regulasi untuk menyetop penipuan pemesanan via online pada 9 Februari 2016. “Jika lolos regulasi itu, mewajibkan situs pemesanan membuat pernyataan tidak terafiliasi dengan hotel manapun,” demikian AHLA dalam keterangan resmi yang diungkap Yahoo Finance, Sabtu.

Regulasi itu juga bisa menjadi dasar hukum untuk membawa situs penipu ke meja pengadilan. Regulasi menjadi langkah penting untuk melindungi hak konsumen. Kendati demikian, para pelancong diminta berhati-hati dalam bertransaksi.

AHLA juga memberikan solusi bagi wisatawan agar terhindar dari penipuan pemesanan kaman hotel. Pertama, Para pelancong biasanya memanfaatkan situs perjalanan wisata untuk mencari tempat penginapan. Namun, untuk reservasi, sebaiknya dilakukan via situs resmi hotel bersangkutan.

Jika harga yang ditawarkan situs perjalanan wisata itu lebih murah ketimbang situs hotel. Maka, tak ada salahnya meminta pihak hotel menyesuaikan harga

Kedua, biaya tambahan atau extra fee adalah salah satu modus penipuan pemesanan via online sering dialami pelancong. Jika Anda memesan kamar hotel via online, luangkan waktu untuk membaca seksama fine print yang seringkali diacuhkan konsumen. Cari pranala berlabel samar-samar dan biaya tak masuk akal.

Survei AHLA menunjukkan 15 persen protes pelancong itu lantaran mereka tak mendapatkan rewards points setelah memesan kamar via online. Dalam sejumlah kasus, rewards points hanya diberikan jika pelancong memesan langsung via situs resmi atau terafiliasi dengan hotel.

Ketiga, sebelum memesan kamar hotel hendaknya teliti membaca persyaratan dan ketentuan terkait program hadiah terdapat dalam situs pemesanan tersebut. Jika perlu, Anda bisa langsung menghubungi petugas hotel untuk menanyakan itu. (*/e)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.