15 – 16 Juli 2016, Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran 2016

0
3344
Festival layang-layang

PANGANDARAN, test.test.bisniswisata.co.id: Festival Layang-Layang Internasional di Pangandaran Ciamis, Jawa Barat, kembali digelar. Tahun ini akan lebih meriah, lebih atraktif, lebih menarik, lebih kreatif karena ada peserta dari luar negeri. Festival bakal digelar di Lapangan Katapang Doyong, Kecamatan Pangandaran, pada 15-16 Juli 2016.

Festival layang-layang yang digelar setiap tahun ini, bukan hanya digelar pada pagi hingga petang, namun malam hari pun tetap berlangsung. Lomba layangan malam atau night kite, peserta akan memasang lampu pada layangan milik mereka.

Selain itu, berbagai perlombaan akan dilaksanakan seperti merakit layangan jenis bapangan, lomba layagan malam, lomba tarik ulur, lomba melukis layangan, lomba layangan tradisional, lomba stand terbaik, lomba fotografi dan masih banyak lagi.

Peserta dari luar negeri seperti Malaysia, Jepang, Thailand dan Swedia dipastikan ikut berpartisipasi dalam festival ini. Keberadaan peserta asing diharapkan dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan mancanegara sekaligus dapat mempromosikan destinasi wisata pantai Pangandaran ke penjuru dunia.

Dengan kedatangan wisatawan nusantara maupun mancanegara diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) hingga 10 persen bagi Kabupaten Pangandaran sendiri. Untuk tahun ini, PAD wisata Pangandaran mencapai Rp64 milyar meningkat 10 persen dari tahun 2015.

Disisi lain, Festival Layang-layang skala internasional dapat menggugah Pangandaran menjadi salah satu ikon Jawa Barat, atau bahkan menjadi destinasi wisata internasional.

Kali ini, Kabupaten Pangandaran nampak lebih serius mempersiapkan diri. Terbukti sejumlah penataan pada sarana dan prasana mulai ditata, termasuk infrastruktur dan transportasi menuju tempat tersebut. Dengan sebuah harapan, agar wisatawan yang datang tidak meninggalkan kesan yang mengecewakan.

Selain keindahan pantainya yang masih alami, Pantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya, antara lain: dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari Pantai Timur dan Pantai Barat pada hari yang sama.

Pangandaran dikenal memiliki pantainya yang landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan relatif aman.

Juga Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih. Kini, Pantai Pangandaran memiliki tim penyelamat wisata pantai.
Dan untuk menunju ke pantai, lJalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai. Bahkan Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona. Pangandaran juga terdapat Gua Jepang peninggalan Perang Dunia II. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.