Disparbud Batam Optimistis Capai Target Kunjungan Wisman

0
774

Kawasan Batam Center, Kepri dengan ikon tulisan Welcome to Batam banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negri (foto:HSS)

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Batam Yusfa Hendri optimistis target kunjungan wisman ke kawasan Great Batam tahun ini capai 2.5 juta wisman atau 1,75 juta khusus untuk Kota Batam apalagi trend kunjungan wisman terutama dari China  meningkat.

“Sebenarnya untuk Kota Batam sendiri pak Menteri Arief Yahya harapkan bisa sekitar 1,8 jutaan orang dari target 2, 5 juta wisman untuk sekuGreat Batam atau Kepulauan Riau,” ungkapnya.

Berbicara usai pembukaan kegiatan Pelatihan SDM Kepariwisataan di Hotel Harris, 31 Maret-1 April 2016 yang diselenggarakan Asdep Bidang Pengembangan SDM, Deputi BPKK Kemenpar, pelatihan di Batam sangat tepat mengingat kota ini menjadi wajah terdepan Indonesia karena posisinya berhadapan dengan negara lain.

Menurut dia sudah semestinya Batam diberi porsi lebih dalam setiap pelatihan SDM kepariwisataan. Disamping itu Batam juga menjadi pusat pengembangan budaya dan warganya juga bermacam agama. Batam bahkan menjadi distribution point yakni sebagai pintu masuk sekaligus penyebaran wisatawan ke destinasi lain di Indonesia.

“Dari Batam ada penerbangan langsung ke 18 destinasi domestik di seluruh Indonesia. Kalau mau lihat danau terbesar di Asia Tenggara cuma satu jam ke Danau Toba dari Batam. Kalau ingin lihat Gajah Sumatera hanya satu jam dari Batam ke Way Kambas Lampung, dan kalau ingin lihat gunung aktif juga cuma 1 jam ke Gunung Singgalang di Sumatera Utara,“ papar Yusfa.

Menyinggung target kunjungan yang ditetapkan Kemenpar, Yusfa Hendri mengatakan optimistis tercapai apalagi dengan dukungan event-event internasional seperti Tour De Bintan 2016 pada 1-3 April yang diikuti 800 peserta dari 40 negara.

Penetapan Provinsi Kepulauan Riau sebagai wilayah yang menjadi prioritas dalam pengembangan kawasan wisata dengan sebutan “Great Batam” termasuk Bintan yang menjadi destinasi unggulan wisman telah didukung dengan penyiapan SDM seperti pelatihan SDM pariwisata dan gencarnya promosi

“Kota Batam diharapkan dapat menyerap kunjungan wisman 1,8 juta sisanya dari pintu gerbang lain. Angka itu di atas target yang kami buat sendiri sebanyak 1,512 juta pada 2015,” kata Yusfa Hendri.

Sebagai penyumbang wisatawan mancanegara ketiga setelah Great Bali dan Great Jakarta, Great Batam kini banyak dikunjungi wisatawan dari kawasan Asia terutama China yang menjadi negara nomor satu yang paling banyak mengunjungi Batam dan Bintan saat libur Imlek 2016.

Persentasenya mencapat 30,15% Kemudian disusul turis asal Singapura sebanyak 20,66%. Urutan ketiga ditempati Malaysia dengan 12,75%, Kemudian wisman asal Inggris sebanyak 11,16% Selanjutnya, wisman asal Amerika 6,44%. Selebihnya merupakan wisman asal Prancis, Jerman, Kanada, Selandia Baru, Belanda, Italia, Rusia, dan beberapa negara Eropa lainnya, jelasnya. ([email protected])

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.