14 Mei – 25 Juni 2017, Festival Kasarawi

0
584

KENDARI, Bisniswisata.co.id: Masyarakat Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, akan menggelar Festival Kasarawi yang rencananya dipusatkan di Pulau Makassar. Festival seni, budaya, wisata dan kuliner ini berlangsung selama 42 hari, mulai 14 Mei hingga 25 Juni 2017.

Dalam festival tersebut masyarakat akan menggelar berbagai tradisi budaya masyarakat Buton dan diisi dengan kegiatan seminar kemaritiman serta berbagai lomba menarik.

Kasarawi dalam bahasa Buton artinya mengundang orang, baik dari dalam daerah sendiri maupun dari luar daerah untuk hadir pada acara hajatan tertentu. Pada festival yang akan digelar pertama kalinya di Pulau Makassar itu, kasarawi bertujuan mengundang orang dekat maupun orang jauh untuk datang membangun Kota Baubau, terutama membangun Pulau Makassar.

Melalui Festival Kasarawi ini, masyarakat Kota Baubau, baik yang ada di Kota Baubau maupun di luar Kota Baubau, dapat terketuk hatinya untuk bergotong-royong membangun daerah sehingga kesejahteraan masyarakat di kota tersebut bisa cepat terwujud.

Pelaksanaan festival dibagi tiga segmen, yakni menyambut datangnya Ramandhan yang diisi dengan kegiatan Tahrib Ramadhan. Pada segmen yang akan berlangsung selama 10 hari tersebut, kata dia, festival akan diisi dengan berbagai permainan tradisional anak-anak dan remaja.

Segmen kedua yang akan berlangsung selama 30 hari, akan diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan, seperti lomba menghafal ayat-ayat suci Al Quran bagi anak-anak dan remaja, lomba azan, dan kasidah rebana.

Segmen ketiga yang akan berlangsung selama dua hari, digelar Dangdut Akademi Kasarawi berhadiah utama satu sepeda motor.

Kota Baubau adalah sebuah kota di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki panorama alam yang indah dan mempesona. Sebagai Kota Wisata karena ditempat ini banyak ditemui Tempat Wisata Menarik dan Indah dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kota Baubau banyak menawarkan banyak tempat wisata menarik seperti Menikmati keindahan Pantai Nirwana, Pantai Lakeba dengan pemandanganya yang sangat mempesona, Gua Lakasa yang memiliki stalaknit dan stalaktit yang sangat indah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu atau mengunjungi Air Terjun Samparona dengan airnya yang jernih serta pemandangan hijau disekitarnya.

Ada 10 Tempat Wisata Menarik Di Baubau antara lain.

01. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana adalah salah satu tempat wisata menarik di Bau-bau yang patut Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki pasir pantai berwarna putih bersih dan lembut, dengan air lautnya yang memiliki tiga kombinasi warna yakni putih, biru kehijauan dan biru muda dengan ombaknya yang tenang tanpa karang sangat cocok buat Anda yang ingin menikmati suasana pantai untuk melakukan aktivitas berenang maupun diving. Pantai ini juga dilengkapi dengan gazebo dan kedai makanan dan minuman yang akan memberikan kepuasan tersendiri untuk berwisata bersama keluarga, teman atau pasangan. Sederetan angin yang sejuk serta deretan pohon kelapa yang ada di bibir pantai semakin menambah pesona pantai ini.

02. Pantai Lakeba

Pantai Lakeba juga merupakan Tempat Wisata Menarik lainnya yang ada di Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Pantai yang terletak di Kabupaten Buton ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan yang dihiasi oleh pasir putih bersih serta ombaknya yang tenang dengan air lautnya yang jernih. Di Pantai Lakeba Anda dapat melakukan aktivitas berenang, bermain pasir atu berjemur matahari sambil menikmati hembusan angin pantai yang berhawa sejuk.

03. Pantai Kolagana

Tempat Wisata lainnya yang cukup menarik untuk Anda kunjungi di Baubau adalah Pantai Kolagana. Pantai ini menawarkan pesona bawah laut yang menghadirkan keanekaragaman mahluk bawah laut yang sangat indah dan menakjubkan seperti terumbu karang, ikan pelagis, lobster dan lain sebagainya. Tempat ini merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menikmati eksotika kehidupan bawah laut dengan panorama view ocean yang sangat indah. Selain dapat melakukan aktivitas penyelaman, di Pantai Kolagana Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berenang, snorkeling atau memancing.

04. Pantai Sulaa

Pantai Sulaa merupakan Tempat Wisata Pantai yang cukup menarik di Baubau yang patut Anda kunjungi. Birunya laut serta keindahan panorama pantainya yang begitu indah akan membuat Anda merasa nyaman dan tenang berlibur ke pantai yang satu ini bersama keluarga atau rekan Anda. Dengan kondisi pantainya yang tenang sangat memungkinkan untuk melakukan aktivitas memancing atau snorkeling di pantai yang indah alami ini.

05. Pantai Kamali

Pantai Kamali merupakan Tempat Wisata Menarik dan menjadi Andalan Wisata kota Baubau. Pantai ini berada di tengah kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Karena letaknya yang sangat mudah dijankau, Pantai Kamali selalu banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya. Selain memiliki pemandangan pantai yang indah dan mempesona, Di Pantai Kamali juga terdapat Patung Kepala Naga yang merupakan Maskot Kota Baubau. Patung yang dibangun pada tahun 2007 merupakan simbol kekuatan, kegigihan dan kejayaan Kerajaan Buton yang pernah berkuasa dan memiliki kecerdasan seperti Naga.

06. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton merupakan salah satu Tempat Wisata Bersejarah di kota Baubau. Benteng ini merupakan bekas ibukota Kerajaan Buton yang memiliki bentuk arsitektur yang cukup unik. Benteng yang terbuat dari batu kapur ini berbentuk lingkaran dengan panjang keliling 2.740 meter pernah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guinnes Book Record pada tahun 2006 sebagai Benteng Terluas Di Dunia dengan luas sekitar 23.375 hektar. Benteng yang terletak diatas bukit ini selain menyajikan banyak peninggalan bersejarah, Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Baubau dari atas bukit.

07. Masjid Kuba

Sepintas tempat ini terlihat bukan seperti masjid pada umumnya. Namun jangan salah, masjid yang terlihat seperti bangunan rumah biasa ini merupakan Masjid Tertua Di Baubau yang di bangun pada tahun 1826 dimasa Sultan Buton XXIX berkuasa yakni Sultan Muhammad Idrus Kaimuddin. Di sekeliling Masjid Kuba banyak terdapat makam yang salah satunya adalah Makam Sultan Buton XXIX. Masjid yang terletak di kelurahan Baadia, kecamatan Murhum ini patut untuk Anda kunjungi jika Anda ingin berwisata religi di kota Baubau.

08. Cagar Alam Wakonti

Tempat Wisata Menarik lainnya yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Baubau adalah Objek Hutan Lindung yang berada di kawasan Wakonti yang hanya berjarak 6 kilometer dari pusat kota Baubau. Di tempat ini selain memiliki panorama alam yang sangat indah dan alami juga terdapat tempat penelitian berbagai pohon langka dan Anggrek Liar serta Hewan Langka seperti Kuskus, Kera, Berbagai jenis burung, Kakatua dan juga Kupu-kupu. Di Cagar Alam Wakonti Anda juga dapat menemukan Pohon Langka yaitu Pohon Loreng yang warna pohonnya sama persis dengan seragam tentara.

09. Pemandian Alam Bungi

Pemandian Alam Bungi adalah salah satu Tempat Wisata Alam Menarik yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke kota Baubau. Sebenarnya tempat ini merupakan tempat warga sekitar melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sungai. Namun lama-kelamaan banyak warga tetangga desa lainnya berkunjung ke Tempat Pemandian Alam Bungi untuk merasakan kesegaran airnya yang bening. Pada hari libur dan menjelang sore hari banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk merasakan segarnya air sungai serta mengunjungi Air Terjun Tirta Rimba yang jaraknya saling berdekatan.

10. Bukit Kalampa

Bukit Kalampa merupakan Tempat Wisata Alam yang sangat indah dan mempesona yang terletak di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari atau berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Baubau. Tempat ini merupakan tempat wisata alam dengan panorama perbukitan dengan benteng kecil diatas bukit yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan mempesona dengan udaranya yang sejuk. (^/bbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here