14 – 17 Agustus 2015, Festival Lima Gunung

0
3003
Festival Lima Gunung (Foto http://jalanjogja.com)

MAGELANG. test.test.bisniswisata.co.id: Seniman Petani tergabung Komunitas Lima Gunung Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kembali menggelar Festival Lima Gunung. Event tahunan ini akan digelar di kawasan Gunung Andong, Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Pakis dan di kawasan Gunung Merapi di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun pada 14-17 Agustus 2015.

Festival yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-14 itu, merupakan peristiwa seni nilai-nilai budaya persaudaraan yang berkelanjutan. Festival yang penyelenggaraannya tanpa melibatkan sponsor maupun penyelenggaranya mengedarkan proposal bantuan dana kepada berbagai pihak ini, telah menjadi peristiwa kebudayaan yang penting di Indonesia.

Mereka yang dari berbagai kota di Indonesia, khususnya para seniman dan pemerhati budaya, menghadiri festival tersebut bisa merasakan semangat persaudaraan itu dalam pesta kesenian dan kebudayaan masyarakat dusun-dusun di kawasan lima gunung yang mengelilingi Magelang, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh.

Festival ini diselenggarakan secara berkelanjutan demi memperkuat komunitas dalam berjejaring dengan berbagai pihak, termasuk dari kota-kota lain, baik di dalam dan luar negeri.

Pertama kali, Komunitas Lima Gunung menggelar festival pada tahun 2002 di Dusun Warangan, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis. Tahun berikutnya, 2003, digelar di tempat yang sama. Setelah itu, berpindah-pindah ke dusun-dusun lain di kawasan lima gunung sesuai kesepakatan petinggi komunitas.

Pada 2004 dan 2006, di kawasan Merbabu, Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis. Ini sempat diselingi pada tahun 2005 yang digelar di Desa Petung, Kecamatan Candimulyo, masuk kawasan Merbabu.Festival Lima Gunung 4. Pada 2007, pindah ke kawasan Sumbing, Dusun Krandegan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran. Setahun berikutnya, 2008, di kawasan Merapi di Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kecamatan Dukun.

Pada tahun 2009 dan 2013, Festival Lima Gunung digelar di Lereng Gunung Andong. Tepatnya, di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak. Tahun 2010, pindah ke kawasan Menoreh, tepatnya di Studio Mendut Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid.

Setahun setelah itu, tahun 2011, festival pindah lagi ke lokasi di antara lereng Merapi dan Merbabu. Yaitu di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan. Pada tahun 2012, diadakan didua lokasi berbeda. Yaitu hari pertama di Krandegan dan hari kedua di Gejayan. Masing-masing di Kecamatan Kajoran dan Pakis.

Festival Lima Gunung 2Tahun 2013, Festival Lima Gunung diadakan di Dusun Mantran Wetan, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, di lereng Gunung Andong. Terakhir, tahun 2014 diadakan di Dusun Warang, Desa Muneng, Kecamatan Pakis. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.