14 – 16 April 2016, Festival Kuliner Nusantara 2016

0
2147
Aneka Kuliner Indonesia

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Beragam kuliner Indonesia bakal berlaga dalam Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2016. Tahun ini, festival mengambil tema “Kuliner Nusantara Kekayaan Budaya Bangsa”, yang menghadirkan sajian dari 24 provinsi dan 14 kabupaten/kota, serta lembaga-lembaga dan asosiasi di bidang kuliner. Festival yang menyajika 64 stand kuliner ini digelar di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, mulai 14 hingga 16 April 2016.

Festival menampilkan makanan dan produk-produk kuliner khas masing-masing daerah yang tidak sama. Setidaknya Anda akan menyicipi 48 jenis kuliner Nusantara yang memiliki keunikan tersendiri. Juga ada 30 ikon kuliner tradisional nusantara yang sudah ditetapkan pemerintah, antara lain Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta, Nasi Goreng Kampung, Serabi Bandung, Sarikayo Minangkabau, Es Dawet Ayu Banjarnegara, Urap Sayuran Yogyakarta, Sayur Nangka Kapau, Lunpia Semarang, Rawon Surabaya, dan masih banyak lagi.

Juga selama Festival Kuliner diadakan berbagai rangkaian acara di tiga panggung. Di antaranya demo masak interaktif melibatkan pengunjung dan dari berbagai daerah, seperti demo masakan Bali, Kalimantan Timur, Makassar, Betawi dan masih banyak lagi. Demo masak dipandu 12 chef ternama diantaranya adalah: Bagus Parwata, Lucky Permana, Astrid Enricka, Haryo Pramoe dan Budi Lee.

Panggung lainnya ada atraksi kesenian dengan tarian khas daerah setiap provinsi yang disuguhkan kepada pengunjung, ada tarian Sumatera Barat, Papua, dan Tarian Aceh. Bahkan ada artis-artis Ibu Kota yang siap menghibur, yaitu Tasya Kamila, Lusy Rachmawati, dan Group Band RAN.

Ditargetkan pengunjung sebesar 30.000 orang, degan total transaksi sebesar Rp 1 miliar. Untuk itu ia telah mensosialisasikan festival ini ke semua dinas pariwisata daerah bahkan ke beberapa kedutaan negara tetangga, agar masyarakatnya bisa turut serta meramaikan acara Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016.

Dalam FKN 2016 juga diadakan Lomba Foto Pesona Kuliner melalui sosial media Instagram (akun @festivalkulinernusantara) untuk mempromosikan event ini. Akun tersebut telah diikuti oleh 4.725 followers dan 1.036 kontestan. Pemenang lomba akan diumumkan pada pembukaan FKN 2016 pada 14 April.

Festival ini diharapkan berperan penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan karena kuliner merupakan industri yang paling berpengaruh bagi sektor pariwisata Indonesia. Mengingat hasil survei bahwa Kuliner sangat berpengaruh bagi pariwisata karena 60 persen pariwisata ditunjang oleh industri kreatif.

Selain itu, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat identitas bangsa di forum internasional. Oleh karena itu, Pemerintah sangat serius dalam memajukan industri kuliner antara lain dengan meluncurkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia agar bisa mendunia sekaligus menjadi identitas nasional.

Kuliner juga menjadi identitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut, misalnya Nasi Liwet Solo, secara otomatis kuliner tersebut akan mempromosikan. pariwisata Solo baik di tingkat nasional maupun mancanegara. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.