13 – 15 Mei 2016, Perayaan Seba Baduy

0
1399
warga Baduy

SERANG BANTEN, test.test.bisniswisata.co.id: Masyarakat adat Baduy luar dan baduy dalam memiliki tradisi unik yang digelar setiap tahun, yakni “Seba Baduy”. Tahun 2016, upacara tradisi akan dipusatkan di gedung Ex. Pendopo Gubernur di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten pada 13 hingga 15 Mei 2016.

Masyarakat adat Baduy mendatangi kantor pemerintahan setempat dengan membawa hasil penen sebagai bentuk persembahan. Tahun ini, sebanyak 1.839 warga akan mengikuti tradisi yang diawalu dengan mendatangi Kantor Bupati Lebak dan Kantor Gubernur Banten sebagai ‘Bapak Gede’ atau kepala pemerintah daerah untuk menyerahkan hasil komoditas pertanian.

Perayaan “Seba Baduy” sampai sekarang masih dipertahankan secara turun-temurun oleh masyarakat Baduy Dalam yang berpakaian khas putih-putih dan masyarakat Baduy Luar yang berpakaian hitam-hitam.

Ritual tahunan masyarakat adat Baduy menjadi salah satu objek wisata budaya di Banten, yang sudah terkenal tidak hanya di dalam negeri tetapi sampai mancanegara. Karena itu, Kementrian Pariwisata (Kemenpar) memberikan dukungan penuh dalam event ini.

Perayaan Seba ini, merupakan bentuk silaturahim dengan kepala daerah yakni Bupati dan Gubernur sebagai “Bapak Gede” atau kepala pemerintah daerah. Mereka datang dengan membawa berbagai hasil bumi untuk diserahkan kepada ‘bapak gede’.

Perayaan Seba Baduy, biasanya dilakukan setelah warga baduy menjalani ritual kawalu selama tiga bulan. Kawasan masyarakat baduy dalam yang tersebar di tiga kampung, yakni Cibeo, Cikeusik dan Cikawartana, saat ritual kawalu biasanya tertutup bagi wisatawan atau pengunjung.

Bagi anggota warga baduy yang mengikuti seba tahun ini yakni warga baduy luar sebanyak 1.752 orang dari 62 kampung, dan warga dari baduy dalam sebanyak 91 orang dari 3 kampung. Sehingga jumlah warga baduy yang ikut semuanya sekitar 1.839 orang. Warga baduy yang ikut dalam seba itu semuanya laki-laki, karena perempuan dilarang ikut.

Pemprov Banten akan mengangkat wisata budaya seperti “Seba Baduy” sebagai salah satu daya tarik pariwisata. Pemprov Banten akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempopulerkan upacara Seba Baduy.

Sebelum bertemu Gubernur Banten di Kota Serang, rombongan masyarakat baduy akan berkumpul di Gelanggarng Remaja (GR) Ciceri Serang, setelah itu mereka seluruhnya akan berjalan kaki melewati jalur protokol Kota Serang menuju Pendopo Gubernur Banten lama.

Selain acara pokok, juga digelar pawai warga Baduy, Ritus Seba, pameran khas warga Baduy, Pertunjukkan kesenian Wayang Golek juga Konferensi Kebudayaan di Alun-Alun Kota Serang. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.