12 Maret 2016, Gelar Seni Pasanggrahan Sunyaragi 2016

0
2168
Tari topeng Cirebon (Foto: thebestmomentsinphotography.blogspot.com)

CIREBON, test.test.bisniswisata.co.id: BERSIAPLAH menyaksikan kolaborasi seni budaya yang dalam Gelar Seni Pasanggrahan Sunyaragi 2016. Acara hasil kerja sama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan Kesultanan Kasepuhan Cirebon menyuguhkan berbagai perpaduan budaya dalam beberapa festival seni yang digelar pada 12 Maret, 9 April, 7 Mei, 4 Juni, 9-10 Jui, 13 Agustus, 3 September, 1 Oktober dan 5 November 2016.

Benang merah perpaduan budaya tersebut akan tampak pada festival yang didominasi sentuhan Cirebon, Persia dan Tiongkok. Misalnya Topeng Panji, Topeng Samba, Tari Tangan Seribu, Topeng Rumyang, Topeng Tumenggung, Topeng Jinggananom dan Topeng Klana. Belum lagi Genjring Rudat Sidapurna, Tari Adipatikana, Gandamana dan Tari Tayub.

Potensi seni budaya Cirebon sangat besar dan diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara. Dengan semangat penuh, Sultan Sepuh XIV Kasultanan Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat, optimis Gelar Seni ini, digelar tiap bulan ini bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Cirebon.

Target yang ditetapkan adalah sekira 2 juta wisatawan di tahun 2016. Target ini naik dua kali lipat dari capaian 2015 yang menembus 1 juta kunjungan wisatawan.

Cirebon percaya diri target akan tercapai karena sarana transportasi dan akomodasi yang memadai. Dari sisi transportasi, jalur darat sudah bisa dilalui Tol Cipali. Belum lagi akses rel kereta doble track Jakarta-Cirebon, Yogyakarta-Cirebon dan Semarang-Cirebon.

Selain itu, sejak 2015 terdapat 4 kapal pesiar asal Inggris, Perancis, Australia dan Singapura yang bersandar ke Pelabuhan Cirebon. Nantinya, di tahun 2017 Bandara Internasional Jawa Barat akan rampung sehingga akses ke Cirebon semakin mudah.

Kemudahan akses tadi juga diimbangi dengan kesiapan akomodasi. Hingga akhir 2015, pertumbuhan hotel di Cirebon meningkat sangat tajam. Dalam kurun dua tahun, hampir 200 hotel berdiri di wilayah Cirebon.

Gelar Seni Pasanggarahan Sunyaragi 2016 ini akan menjadi atraksi yang ditunggu-tunggu wisatawan dan diharapkan dapat menginspirasi pusat-pusat kebudayaan yang lain. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.