12 – 13 April 2016, Bulan Promosi Pariwisata Jambi 2016

0
1695
Pusat Keramik Jambi jadi daya tarik wisatawan

JAMBI, test.test.bisniswisata.co.id: Jambi, provinsi yang dikenal memiliki banyak peninggalan sejarah akan melangsungkan acara Bulan Promosi Pariwisata Jambi. Kegiatan tersebut akan dibawa ke Jakarta pada 12-13 April 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Bulan Promosi Pariwisata Jambi 2016 akan memperkenalkan kepariwisataan Jambi, table top tourism Jambi, pameran pariwisata dan usaha kreatif Provinsi Jambi, serta pagelaran seni dan budaya. Pada acara table top tourism Jambi mempertemukan antarstakeholder.

Table top adalah kegiatan yang diharapkan menghasilkan transaksi antara calon buyers atau perjanjian bisnis peserta. Produk-produk yang dijual antara lain paket-paket wisata di Jambi.

Diharapkan pelaku travel agent dan biro perjalanan, khususnya yang menjual paket-paket wisata Jambi dapat bergabung untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Jambi.

Selama ini banyak orang mengenal Jambi sebagai kawasan bisnis yang juga melimpah akan produk pertanian dan perkebunan seperti beras, kentang, kedelai dan hasil yang paling besar adalah kelapa sawit. Jambi juga dikenal sebagai penghasil tambang berupa minyak, gas, batu bara dan timah.

Potensi yang dimiliki Jambi sejatinya lebih dari itu. Karena Jambi mendapatkan banyak pengaruh Melayu maka keseluruhan citarasa kulinernya adalah Melayu. Jambi juga merupakan rumah bagi suku pedalaman Kubu, Anak Dalam atau lebih dikenal dengan sebutan Orang Rimba.

Sebagian anggota suku ini ada yang masih menganut kepercayaan animisme dan menolak pengaruh asing dari luar. Sebagian lagi memutuskan untuk bergaul dengan masyarakat setempat dan meninggalkan adat istiadat.

Bergeser ke arah utara, gunung api tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Kerinci, berumah di provinsi ini. Taman Nasional Kerinci Seblat menaungi banyak sekali potensi alam yang tidak pernah habis di eksplor.

Sekembalinya Anda di Kota Jambi pun masih ada beberapa titik destinasi yang wajid dieksplor, seperti Jembatan Gentala Arasy yang memperindah Sungai Batanghari, ataupun Candi Muaro Jambi yaitu situs purbakala terluas di Indonesia.

Dari sisi kuliner, makanan khas Jambi mirip seperti kuliner yang terdapat di Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Jambi juga merupakan tempat terbaik untuk mencicipi nanas goreng, jagung bakar dan makanan khas daerah yang nikmat. Tentu saja makanan khas Sumatra Barat yaitu nasi padang yang dapat dengan mudah ditemukan di sana.

Jambi merupakan provinsi yang didominasi oleh ras Melayu, juga merupakan rumah bagi suku pedalaman Kubu Anak Dalam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Orang Rimba. Masyarakat Jambi begitu heterogen meliputi banyak pendatang dari Minangkabau, Batak, Jawa, Sunda, Tiongkok, dan India.

Jambi juga dikenal sebagi daerah di Pulau Sumatera yang memiliki banyak peninggalan sejarah berupa candi Hindu-Buddha. Baru-baru ini diketahui bahwa salah satu candi di Jambi, yaitu Candi Kedaton yang merupakan bagian dari kawasan percandian Muara Jambi dimana merupakan kompleks percandian terbesar se-Asia Tenggara.

Catatan sejarah China menyebutkan bahwa Jambi pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Melayu kuno yang menyebarkan pengaruhnya di sebagian besar Pulau Sumatera dan bahkan sampai ke semenanjung Melayu. Pengaruh paling besar dari kerajaan ini adalah penggunaan bahasa Melayu di Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi bahkan hingga ke Malaysia. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here