11 – 18 September 2015, Festival Ketoprak

0
1214


BANTUL YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Ketoprak 2015, pada 11 sampai 18 September 2015 di Bantul Yogyakarta. Festival ini, bertujuan memberi wadah bagi seniman dan seniwati ketoprak sekaligus mendekatkan ketoprak kepada masyarakat, juga untuk memikat wisatawan agar memehami seni tradisional yang ada di Indonesia.

Ketoprak atau pentas kesenian dari Jawa yang dalam pementasan, sandiwara diselingi dengan lagu-lagu Jawa dengan iringan musik gamelan ini merupakan salah satu kesenian adiluhung peninggalan nenek moyang.

Sehingga, festival ketoprak yang akan dilaksanakan selama delapan hari di delapan tempat berbeda ini bisa melestarikan dan mengembangkan seni budaya, serta meningkatkan kreatifitas pelaku seni khususnya seni ketoprak. Adalah tugas kita semua untuk melestarikan dan menjaga keberadaan kesenian yang adiluhung ini. Kegiatan juga untuk nguri-nguri kesenian ketoprak.

Festival ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat sehingga seni ketoprak yang ada di masyarakat, sehingga bisa terangkat dan nantinya bisa menempatkan jenis kesenian ini sebagai kesenian rakyat yang populer di Bantuul.

Sesuai jadwal, festival ketoprak dimulai pada Jumat (11/09/2015) menampilkan kelompok dari Imogiri dan Dlingo di Imogiri. Sabtu (12/9) dari Piyungan dan Banguntapan di Pendopo Desa Sitimulyo. Minggu (13/9) dari Kecamatan Pleret, Jejeran, Jetis di Pendopo Desa Pleret.

Senin (14/9) dari kecamatan, Kretek, Bambanglipuro, Pundong di Desa Muyodadi. Kemudian pada Selasa (15/9) dari Kecamatan Pandak, Bantul, Sanden di Pendapa Kecamatan Pandak. Rabu (16/9) dari Kecamatan Kasihan, Sewon di Pendopo Desa Bangunjiwo. Kamis (17/9) Kecamatan Sedayu, Pajangan di Pendapa Kecamatan Sedayu dan Jumat (18/9) Kecamatan Srandakan di Pendapa Desa Poncosari Srandakan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.